Pendampingan masyarakat melalui pemanfaatan limbah kain perca di Dusun Punggul Desa Punggul Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziyah, Nabillatul Lu'aini (2024) Pendampingan masyarakat melalui pemanfaatan limbah kain perca di Dusun Punggul Desa Punggul Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabillatul Lu'aini Fauziyah_04020220045.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nabillatul Lu'ainiFauziyah_04020220045_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 May 2027.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini membahas mengenai pengoptimalan aset masyarakat di Dusun Punggul RW 02. Fokus dari penelitian ini ada tiga yaitu 1). Bagaimana gambaran aset dan potensi di Dusun Punggul. 2). Bagaimana strategi pendampingan terhadap masyarakat dalam memanfaatkan limbah kain perca di Dusun. 3) Bagaimana hasil proses pendampingan terhadap masyarakat dalam memanfaatkan limbah kain perca di Dusun Punggul. Penelitian ini memakai pendekatan Asset Based Community Development (ABCD) dengan tahapan 5D yaitu Discovery, Dream, Design, Define, dan Destiny. Pada penelitian ini memiliki aset sumber daya alam berupa pengetahuan, keterampilan, dan empati yang dikembangkan untuk pengoptimalan aset limbah kain perca di Dusun Punggul RW 02. Usaha pemberdayaan yang dilakukan yaitu kegiatan program sosialisasi mengenai dampak limbah kain perca, pelatihan pemanfaatan limbah kain perca menjadi kerajinan tangan, dan pemasaran hasil produk limbah kain perca. Pada penelitian ini menggunakan teori eco green dimana dalam pemanfaatan limbah kain perca ini lebih mengedepankan kepedulian akan lingkungan yaitu dengan mengolah kembali limbah kain perca menjadi kerajinan tangan. Hasil dari penelitian yaitu kesadaran masyarakat terhadap dampak limbah kain perca, masyarakat mendapatkan ide dan inovasi pemanfaatan limbah kain perca, dan pemasaran produk hasil limbah kain perca sebagai upaya keberlanjutan program. Pendampingan yang dilakukan masuk kedalam dakwah bil hal. Masyarakat diberi Allah pengetahuan, keterampilan dan empati dalam mengola potensi yang ada yaitu memanfaatkan aset limbah kain perca menjadi kerajinan tangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziyah, Nabillatul Lu'ainiNabillatulluaini@gmail.com04020220045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArida, Veravera.arida@uinsby.ac.id2019039003
Subjects: Dakwah
Keterampilan
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Assistance; patchwork waste; handicrafts; preaching; kampoeng topi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nabillatul Lu'aini Fauziyah
Date Deposited: 28 May 2024 01:43
Last Modified: 28 May 2024 01:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70277

Actions (login required)

View Item View Item