Implementasi green economy pada bisnis ecobulk store perspektif maqasid al syari'ah: studi pada UMKM Bhumi Bhuvana Yogyakarta

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzah, Diyanah Aqidatul (2023) Implementasi green economy pada bisnis ecobulk store perspektif maqasid al syari'ah: studi pada UMKM Bhumi Bhuvana Yogyakarta. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diyanah Aqidatul Izzah_G94219140.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Diyanah Aqidatul Izzah_G94219140_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 May 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif. Data yang digunakan yakni primer dan sekunder, dengan melaksanakan wawancara secara langsung dengan pemilik toko dan konsumen, melalui observasi secara langsung, dokumentasi, dan menganalisis dokumen yang terkait dengan kegiatan bisnis Ecobulk Store Bhumi Bhuvana Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ecobulk Store Bhumi Bhuvana Yogyakarta telah mengimplementasikan prinsip-prinsip green economy dan memenuhi indikator low carbon, resource efficient, serta socially inclusive akan tetapi terdapat hal yang belum dilakukan seperti transisi menuju energi terbarukan, belum melakukan kolaborasi dengan pemerintah atau instansi lain, kurangnya sumber daya manusia dalam operasional toko, serta online channel yang belum tersedia. Dalam konteks perspektif Maqasid al-Syari’ah, implementasi green economy pada Ecobulk Store Bhumi Bhuvana Yogyakarta telah memenuhi nilai-nilai Maqasid al-Syari’ah. Prinsip-prinsip agama Islam terkait perlindungan lingkungan, pengurangan limbah, dan penggunaan sumber daya yang bertanggungjawab telah terintegrasi dengan baik dalam bisnis yang dilakukan dan kekurangannya terletak pada nilai Hifz al-Hurriyah al-I’tiqad dan Hifz al-‘Aql.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzah, Diyanah Aqidatulg94219140@student.uinsby.ac.idG94219140
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Bakhrulbakhrul.huda@uinsby.ac.id2104098501
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Green economy; ecobulk store; maqasid al syari’ah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Diyanah Aqidatul Izzah
Date Deposited: 28 May 2024 01:20
Last Modified: 28 May 2024 01:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70287

Actions (login required)

View Item View Item