Akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan berdasarkan ISAK 35: studi kasus pada masjid Jami' Darussalam Krian Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Margarita, Risna Prisilia (2024) Akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan berdasarkan ISAK 35: studi kasus pada masjid Jami' Darussalam Krian Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Risna Prisilia Margarita_08020220086 OK.pdf

Download (707kB)
[img] Text
Risna Prisilia Margarita_08020220086 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 May 2027.

Download (5MB)

Abstract

Transparansi dan akuntabilitas mempunyai dampak yang signifikan terhadap keberlanjutan dan kredibilitas organisasi. Setiap Laporan keuangan yang berasal dari pengelolaan dana yang diterima oleh masjid sebagai organisasi keagamaan mencerminkan penerapan prinsip transparansi dan akuntabilitas. Oleh karena itu, penerapan standar Laporan keuangan merupakan sesuatu yang harus dipertimbangkan dengan cermat oleh organisasi untuk memastikan keberhasilan, efisiensi, dan berjalan dengan baik termasuk organisasi masjid keagamaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami pengelolaan, kesesuaian dengan ISAK 35, dan akuntabilitas serta transparansi pada laporan keuangan Masjid Jami’ Darussalam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Jenis sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer melalui wawancara secara langsung, sedangkan data sekunder diperoleh dari Laporan Keuangan Masjid Jami’ Darussalam. Setelah data terkumpul maka data direduksi lalu disajikan sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuntabilitas dan transparansi yang dilakukan masjid masih sederhana. Akuntabilitas yang dilakukan yaitu dengan mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran beserta saldonya, sedangkan transparansi yang dilakukan yaitu mengumumkan laporan keuangan mingguan setiap hari jum’at. Dengan dimikian, dapat disimpulkan bahwa akuntabilitas dan transparansinya belum maksimal karena belum memenuhi indikator dan laporan keuangan belum menerapkan ISAK 35. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pengurus masjid untuk perlu adanya pelatihan bagi sumber daya manusia dalam menyusun laporan keuangan agar memiliki pengetahuan lebih di bidang akuntansi khususnya ISAK 35. Sehingga, laporan yang dihasilkan lebih berkualitas dan pertanggungjawaban kepada donatur lebih jelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Margarita, Risna Prisiliarisnapm02@gmail.com08020220086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudhanti, Ashari Lintangashari.lintang@uinsby.ac.id2008119401
Subjects: Akuntansi
Islam
Masjid
Keywords: Laporan keuangan; ISAK 35; Akuntabilitas; dan Transparansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Risna Margarita
Date Deposited: 28 May 2024 03:08
Last Modified: 28 May 2024 03:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70305

Actions (login required)

View Item View Item