Pemberdayaan perempuan pesisir berbasis produk olahan Mangrove di Desa Banyuurip Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Auliya, Putri Hilyatul (2023) Pemberdayaan perempuan pesisir berbasis produk olahan Mangrove di Desa Banyuurip Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Hilyatul Auliya_B02219032 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 May 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Putri Hilyatul Auliya_B02219032.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai tiga fokus, yang pertama bagaimana strategi pemberdayaan masyarakat perempuan pesisir berbasis produk olahan mangrove. Kedua, berfokus pada hasil pemberdayaan masyarakat perempuan pesisir berbasis produk olahan mangrove. Ketiga, berfokus pada keterkaitan pemberdayaan perempuan pesisir di Desa Banyuurip dengan dakwah PMI. Penelitian ini menggunakan metode ABCD (Asset Based community Development). Dimana dalam implementasi pemberdayaannya memanfaatkan pengembangan aset dan potensi yang ada. Aset yang dikembangkan dalam pemberdayaan ini adalah dengan memanfaatkan ketrampilan yang dimiliki ibu-ibu perempuan pesisir dan juga tumbuhan mangrove yang diolah menjadi produk olahan mangrove berupa stik mangrove. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, strategi dalam pemberdayaan yang dilakukan terdiri dari dua program yaitu, pembentukan dan penguatan kelompok perempuan pesisir sebagai wadah untuk memberdayakan perempuan, pelatihan dan pengelolahan produk olahan berupa stik mangrove yang dibarengi dengan pemasaran produk. Hasil dari kegiatan pemberdayaan ini bisa dirasakan dengan terjadinya peningkatan pendapatan perempuan pesisir, perempuan pesisir lebih produktif dalam kesehariannya, perempuan pesisir bisa mengorganisir dirinya. Selain itu dengan adanya pemberdayaan perempuan pesisir yang didasari da’wah bil hal menjadikan masyarakat mampu merubah pandangan dan mengembangkan ide kreativitas untuk memanfaatkan dan mengembangkan sumber daya alam dan juga sumber daya manusia yang sudah Allah berikan ini dengan tetap mengedepankan 4 prinsip islam (keadilan, persamaan, partisipasi, tolong menolong).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Auliya, Putri Hilyatulputrihilyatul@gmail.comB02219032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnsori, Mohanshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Lingkungan Hidup
Pengabdian Masyarakat
Potensi
Keywords: Pemberdayaan perempuan pesisir; komodifikasi; kewirausahaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: M. Ruf'ul Athfal
Date Deposited: 30 May 2024 02:19
Last Modified: 30 May 2024 02:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70336

Actions (login required)

View Item View Item