Tradisi suwuk bermedia aksesoris dengan bacaan al-Qur’an: studi komparatif pendapat Yusuf al-Qaraḍawī dengan ʿAbd al-ʿAzīz Ibn ʿAbd Allah Ibn Baz

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yusuf, Muhammad Waliyuddin (2024) Tradisi suwuk bermedia aksesoris dengan bacaan al-Qur’an: studi komparatif pendapat Yusuf al-Qaraḍawī dengan ʿAbd al-ʿAzīz Ibn ʿAbd Allah Ibn Baz. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Waliyuddin Yusuf_05020520032 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 May 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Waliyuddin Yusuf_05020520032.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masyarakat etnis Jawa sangat tidak asing dan sangat masyhur terhadap tradisi suwuk bermedia aksesoris dengan bacaan al-Qur’an. Tetapi pendapat hukum tentang perkara tersebut terdapat beberapa permasalahan karena mencakup ketauhidan seperti musyrik, menyekutukan Allah dan lain-lain. Permasalahan tersebut menjadi topik pembicaraan ulama timur tengah. Yusuf al-Qaraḍawī danʿAbd al-ʿAzīz ibn ʿAbd Allāh Ibn Bāz mempunyai pendapat masing-masing dalam perkara tersebut tradisi suwuk bermedia aksesoris dengan bacaan al-Qur’an. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Pertama, Memahami biografi, pola pikir dan metode istinbāṭ Yusuf al-Qaraḍawī dan ʿAbd al-ʿAzīz ibn ʿAbd Allāh Ibn Bāz. Kedua, yaitu analisis kritis secara komparatif pendapatnya tentang tradisi suwuk bermedia aksesoris dengan bacaan al-Qur’an. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif berdasarkan kajian pustaka. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer penelitian ini yaitu buku Menjelajah Alam Gaib karya Yusuf al-Qaraḍawī, Kitab Fatwa-Fatwa Mutakhir karya Yusuf al-Qaraḍawī, Kitab Majmu’ Fatawa karya ʿAbd al-ʿAzīz ibn ʿAbd Allāh Ibn Bāz dan sumber data sekunder dari berbagai sumber seperti buku, artikel, kitab, dan lainnya. Data tersebut disusun secara sistematis berdasarkan data yang ada. Kemudian data tersebut diolah dan dianalisis yakni dengan membandingkan (studi komparatif) pendapat Yusuf al-Qaraḍawī dan ʿAbd al-ʿAzīz ibn ʿAbd Allāh Ibn Bāz. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa: pertama, mengetahui tentang tradisi suwuk bermedia aksesoris dengan bacaan al-Qur'an meliputi tata cara praktik suwuk di etnis Jawa, kajian dalil hukumnya, biografi tokohnya,metode istinbāṭ tokoh, kajian pustaka dan pemikiran tokoh. Kedua, menurut perspektif Yusuf al-Qaraḍawī memperbolehkan adanya fenomena suwuk tersebut dengan syarat tertentu dan menggunakan prinsip bi al- ḥikmah yang berawal dari metode istinbāṭnya. Tetapi, menurut prespektif ʿAbd al-ʿAzīz ibn ʿAbd Allāh Ibn Bāz fenomena dan kejadian Suwuk mutlak diharamkan dan dilarang beliau dengan memaknai dalil-dalil umum secara tekstual yang memang menjadi ciri khas metode istinbāṭnya menggunakan al-Qur'an dan hadist. Sejalan dengan adanya kesimpulan di atas, penulis menyarakan: pertama, agar masyarakat tetap melakukan kegiatan tradisi suwuk bermedia aksesoris dengan bacaan al-Qur’an untuk menjaga tradisi yang dijaga ulama terdahulu mengsyari'atkan Islam untuk menjadikan ketaqwaan masyarakan kepada Allah semakin kuat dan membuktikan fungsi al-Qur'an di dalam kemukjizatan al-Qur'an. Kedua, kepada peneliti selanjutnya yang hendak membahas topik penelitian yang sama dengan penulis agar lebih memperluas lagi penjabaran terkait teori-teori pendukung yang sebelumnya belum dijelaskan oleh penulis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yusuf, Muhammad Waliyuddin05020520032@student.uinsby.ac.id05020520032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Imronimron_mustofa@uinsa.ac.id2119108701
Subjects: Al Qur'an
Adat
Spiritualisme
Keywords: Tradisi suwuk; media aksesoris; al-Qur’an; study komparatif; Yusuf al-Qaraḍawi; 'Abd al-ʿAzīz Ibn ʿAbd Allah Ibn Baz
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Depositing User: Muhammad Waliyuddin Yusuf
Date Deposited: 30 May 2024 06:53
Last Modified: 30 May 2024 06:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70348

Actions (login required)

View Item View Item