Implementasi artificial intelligence dalam pengembangan perangkat pembelajaran mahasiswa PLP FTK UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Putri Regina Meiliya (2024) Implementasi artificial intelligence dalam pengembangan perangkat pembelajaran mahasiswa PLP FTK UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Regina Meiliya Sari_06020720043 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 May 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Putri Regina Meiliya Sari_06020720043.pdf

Download (3MB)

Abstract

Artificial Intelligence saat ini teknolgi digunakan di setiap kegiatan. Khususnya di bidang pendidikan. Fenomena pengguna Artificial Intelligence juga peneliti dapatkan pada mahasiswa, yang menjadi problematika adalah bagaimana penggunaan Artificial Intelligence oleh mahasiswa dalam penggunaannya pada setiap tugas terutama PLP. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Artificial Intelligence dalam pengembangan perangkat pembelajaran mahasiswa PLP FTK UIN Sunan Ampel Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi di wilayah akademik FTK UIN Sunan Ampel Surabaya, penentuan informan yaitu kelompok pengguna Artificial Intelligence dan kelompok non pengguna , teknik analisis data dengan reduksi data yang terdiri dari kategorisasi sesuai fokus penelitian, kodifikasi yang terdiri dari masing-masing teknik pengumpulan data, informan dan pemadatan fakta serta sintesisasi data untuk menarasikan data yang telah didapatkan. Hasil yang didapatkan sesuai dengan kategorisasi sesuai fokus penelitian yaitu penggunaan Artificial Intelligence proses pengerjaan tugas PLP FTK UIN Sunan Ampel Surabaya meliputi chatbot, assisstant, editing & Presentation, translator dan text generaotor yang digunakan untuk membantu penyelesaian perangkat pembelajaran mahasiswa PLP yaitu modul ajar, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD dan instrument assessment. Berdasarkan perspektif pandangan informan pengguna Artificial Intelligence bahwa teknologi tersebut telah menjadi bagian tak terpisahkan dari pengembangan perangkat pembelajaran mereka. Sementara kelompok non pengguna cenderung mengandalkan sumber literasi online dan interaksi langsung. Implementasi Artificial Intelligence dalam pembelajaran telah meningkatkan efisiensi, terutama bagi pengguna Artificial Intelligence yang lebih unggul dalam penyusunan materi dinamis. Kajian etika menyoroti kompleksitas pandangan mahasiswa terhadap kepatuhan Artificial Intelligence terhadap standar ertika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Putri Regina Meiliyaputrireg28@gmail.com06020720043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSiraj, Taufiktaufiksiraj@uinsa.ac.id2002027303
Thesis advisorBahri Musthofa, Muhammadbahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Perguruan Tinggi
Keywords: Artificial intelligence; pembelajaran; mahasiswa PLP FTK UINSA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Putri Regina Meiliya Sari
Date Deposited: 30 May 2024 07:00
Last Modified: 30 May 2024 07:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70349

Actions (login required)

View Item View Item