Inovasi pengolahan buah siwalan dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat di Dusun Banjarsari Desa Tegalbang Kecamatan Palang Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Nailu Salsabila (2023) Inovasi pengolahan buah siwalan dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat di Dusun Banjarsari Desa Tegalbang Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nailu Salsabila Firdaus_B92219119.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Nailu Salsabila Firdaus_B92219119_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 June 2027.

Download (6MB)

Abstract

Desa Tegalbang memiliki lahan tegalan dengan luas 173 H. Di Desa Tegalbang akan sering kita jumpai pohon siwalan, karena Dusun Banjarsari sendiri memiliki lebih dari 1000 pohon siwalan yang tumbuh di sepanjang pematang tegalan. Namun adanya aset buah siwalan ini tidak membuat masyarakat bergerak untuk mengambil keuntungan lebih besar seperti dengan adanya pengelolaan. Sehingga pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode Aset Besed Community Development, yang merupakan suatu metode yang berfokus pada aset yang dimiliki. Adapun tahap-tahap yang peneliti gunakan ada lima (5), yaitu : Discovery, Dream, Design, Define, dan Destiny. Dengan melakukan penelitian menggunakan metode ABCD ini bertujuan untuk melakukan perubahan positif dalam mengambil peran untuk aset yang dimiliki, yaitu buah siwalan. Hasil dari penelitian ini yaitu Ibu-ibu Dusun Banjarsari lebih produktif dengan adanya pengolahan buah siwalan. Selain itu perekonomian masyarakat meningkat dengan adanya hasil penjualan dari inovasi pengelolaan buah siwalan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Nailu Salsabilanailusalsabilafirdaus@gmail.comb92219119
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAdnan, Abd Mujib--2007025902
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Dakwah bil Hal
Sumber Daya Manusia
Keywords: Ekonomi kreatif; inovasi; aset sumber daya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nailu Salsabila Firdaus
Date Deposited: 07 Jun 2024 02:40
Last Modified: 07 Jun 2024 02:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70367

Actions (login required)

View Item View Item