Strategi marketing politik kandidat perempuan reni astuti dalam pemilu legislatif DPR RI tahun 2024 di dapil 1 jatim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Gheafannie, Ivone Rara (2024) Strategi marketing politik kandidat perempuan reni astuti dalam pemilu legislatif DPR RI tahun 2024 di dapil 1 jatim. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ivone Rara Gheafannie_10020120045 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ivone Rara Gheafannie_10020120045 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 June 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari ketertarikan peneliti melihat kemenangan caleg pertahanan PKS dalam pemilu DPRD Kota Surabaya selama 3 periode dan akan running ke DPR RI tahun 2024. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa sejauh mana strategi marketing politik kandidat perempuan Reni Astuti dalam Pemilihan Legislatif DPR RI Dapil I di Kota Surabaya dan Kabupaten Kabupaten Sidoarjo dengan persaingan yang sangat ketat agar mendapatkan suara terbanyak dengan kapasitas hanya 2 kursi untuk partai PKS. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis pada penelitian ini digunakan untuk memaparkan hasil penelitian. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teori Adman Nursal untuk menganalisis Strategi Politik menggunakan strategi 3P yakni push marketing, pull marketing dan pass marketing. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan Push Marketing dari kandidat perempuan Reni ini menggunakan strategi program blusukan dimana memakan banyak biaya yang dapat menyebabkan high cost politik dan tambahan biaya untuk banyak wilayah, Reni juga menggunakan strategi program wadul Bu Reni sebagai bentuk pendekatan diri kepada masyarakat. Selanjutnya strategi Pull Marketing yakni kampanye yang menggunakan media kampanye dan media online sebagai bentuk promosi diri dan penyampaian pesan poitiknya. Strategi terakhir yakni pass marketing dimana peran tokoh masyarakat yakni kepala desa terlibat dalam penyampaian pesan politik caleg serta caleg juga bekerjasama dengan kelompok UMKM Makanan di Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo sebagai bentuk penggalangan massa. Dukungan penuh dari partai juga dapat meningkatkan elektabilitas Reni dalam pileg DPR RI tahun 2024. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi marketing politik yang digunakan oleh Reni adalah mengedepankan aspirasi masyarakat dan memberikan solusi kepada masyarakat
untuk mendapatkan kepercayaan pemilih agar dipilih kembali oleh masyarakat pada pileg tahun 2024.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Gheafannie, Ivone Raraivonrara.rr@gmail.com10020120045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDHolilah, Holilahmissholilah@gmail.com2018107602
Subjects: Manajemen Strategi
Pemilihan Umum
Keywords: Marketing Politik; Kandidat perempuan; Pemilu Legislatif
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Ivone Rara Gheafannie
Date Deposited: 03 Jun 2024 07:01
Last Modified: 03 Jun 2024 07:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70400

Actions (login required)

View Item View Item