Pemberdayaan ekonomi ibu-ibu jam’iyah Nurul Hidayah melalui hasil olahan ikan bandeng di Dusun Magok Desa Putatbangah Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulan, Dewi Candra (2023) Pemberdayaan ekonomi ibu-ibu jam’iyah Nurul Hidayah melalui hasil olahan ikan bandeng di Dusun Magok Desa Putatbangah Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Candra Wulan_B02219007 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 June 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Dewi Candra Wulan_B02219007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian lapangan ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi pendampingan ibu-ibu Jam’iyah Nurul Hidayah dalam meningkatkan pendapatan keluarga melalui hasil olahan ikan bandeng sebagai bagian dari dakwah bil hal. Fasilitator dalam penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan berbasis masyarakat (Assed Based Community Development). Fasilitator melakukan beberapa strategi pendekatan yaitu dimulai dengan inkulturasi, penggalian data aset atau potensi bersama, memimpikan perubahan, merencanakan tindakan, dan menentukan program, serta melakukan aksi perubahan, dan yang terakhir yaitu monitoring dan evaluasi. Dalam mencapai strategi ini maka perlu dilakukan FGD (Focus Grup Discussion) bersama dengan masyarakat untuk menggali seluruh aset yang ada. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat telah sadar akan aset dan potensi yang mereka miliki. Setelah semua proses pemberdayaan dilakukan, mulai dari inkulturasi, menemukenali aset dimana masyarakat memiliki beragam aset baik individu maupun aset alam. Dari penelitian ini memperoleh temuan-temuan dari berbagai aset, pertama aset alam (Sumber Daya Alam) yaitu banyak hasil pertambakan yang belum digunakan secara optimal, kedua aset fisik (Infrastruktur) terlihat adanya fasilitas umum penunjang aktivitas masyarakat, ketiga aset sosial (Sumber Daya Manusia) terpantau adanya tenaga lokal energik yang perlu diberdayakan, dan aset budaya yakni sering melakukan perkumpulan dengan skala kecil maupun besar. Tahap dream atau memimpikan masa depan dimana ditemukan impian dan harapan dari komunitas ibu-ibu jam’iyah Nurul Hidayah untuk kedepannya lebih bisa mengoptimalkan aset yang dimiliki. Tahap design peneliti dan komunitas merancang strategi untuk mencapai impian dan harapan yang diinginkan. Kemudian dilanjut dengan tahap define yaitu melaksanakan segala jenis program yang telah ditentukan sebelumnya, yaitu membentuk kelompok usaha, praktik pembuatan olahan ikan bandeng, dan perluasan jaringan pemasaran. Selanjutnya tahap terakhir yaitu destiny mengevaluasi dimana terdapat beberapa perubahan yang muncul. Beberapa perubahan masyarakat adalah memiliki kelompok usaha yang memiliki satu visi, mampu mengoptimalkan olahan ikan bandeng, dan perluasan pemasaran produk.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulan, Dewi Candracandrawulan82@gmail.comB02219007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Ekonomi
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan; kewirausahaan; ikan bandeng; fasilitator
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Dewi Candra Wulan
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:02
Last Modified: 06 Jun 2024 07:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70432

Actions (login required)

View Item View Item