Efektivitas personal selling sebagai strategi marketing funding dalam penghimpunan dana pihak ketiga pada USPP - Syariah BMT NU Sidayu Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

A'ima, Silvia Rosydatul (2023) Efektivitas personal selling sebagai strategi marketing funding dalam penghimpunan dana pihak ketiga pada USPP - Syariah BMT NU Sidayu Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silvia Rosydatul A'ima_G94219188.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Silvia Rosydatul A'ima_G94219188_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 June 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Efektivitas Personal Selling sebagai Strategi Marketing Funding dalam Penghimpunan Dana Pihak Ketiga pada USPP-Syariah BMT NU Sidayu Gresik”, dilatar belakangi dari pentingnya pengukuran efektivitas pada suatu kegiatan pemasaran sebagai bentuk evaluasi apakah strategi pemasaran yang diterapkan berjalan dengan baik dan berhasil mencapai tujuan perusahaan. Strategi pemasaran pada penelitian ini adalah promosi personal selling oleh marketing funding BMT NU Sidayu Gresik yang diukur tingkat efektivitasnya dengan mengevaluasi dan menganalisis hasil nyata yang telah diwujudkan melalui personal selling dalam memasarkan dan menghimpun DPK. Penelitian ini menggunakan penelitian field research dengan teknik pengumpulan data berupa observasi pasrtisipan, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi marketing funding dengan Personal selling pada BMT NU Sidayu Gresik dikatakan efektif dalam penghimpunan DPK serta berjalan cukup baik dan memenuhi kriteria standar efektif. Pengukuran efektivitasnya dilakukan melalui bussines outcome yang menunjukkan pencapaian tujuan dan target perusahaan dengan dibuktikan adanya peningkatan jumlah nasabah DPK. Personal selling sebagai strategi marketing funding BMT NU Sidayu Gresik dalam penghimpunan DPK dilakukan dengan memprospek calon nasabahnya terlebih dahulu, kegiatan promosinya dilakukan langsung terjun ke lapangan menemui calon nasabah secara rutin dengan sistem door to door dan layanan jemput bola. Penelitian ini memberikan saran dan rekomendasi kepada USPP-Syariah BMT NU Sidayu Gresik untuk tetap mempertahankan promosi dengan personal selling sebagai marketing funding dalam penghimpunan DPK pada BMT NU Sidayu Gresik, serta memaksimalkan kinerja marketing funding dan mengoptimalkan seluruh karyawan untuk melakukan kegiatan promosinya dengan mempertimbangkan kritik dan masukan dari angggotanya. Penelitian ini berjudul “Efektivitas Personal Selling sebagai Strategi Marketing Funding dalam Penghimpunan Dana Pihak Ketiga pada USPP-Syariah BMT NU Sidayu Gresik”, dilatar belakangi dari pentingnya pengukuran efektivitas pada suatu kegiatan pemasaran sebagai bentuk evaluasi apakah strategi pemasaran yang diterapkan berjalan dengan baik dan berhasil mencapai tujuan perusahaan. Strategi pemasaran pada penelitian ini adalah promosi personal selling oleh marketing funding BMT NU Sidayu Gresik yang diukur tingkat efektivitasnya dengan mengevaluasi dan menganalisis hasil nyata yang telah diwujudkan melalui personal selling dalam memasarkan dan menghimpun DPK. Penelitian ini menggunakan penelitian field research dengan teknik pengumpulan data berupa observasi pasrtisipan, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi marketing funding dengan Personal selling pada BMT NU Sidayu Gresik dikatakan efektif dalam penghimpunan DPK serta berjalan cukup baik dan memenuhi kriteria standar efektif. Pengukuran efektivitasnya dilakukan melalui bussines outcome yang menunjukkan pencapaian tujuan dan target perusahaan dengan dibuktikan adanya peningkatan jumlah nasabah DPK. Personal selling sebagai strategi marketing funding BMT NU Sidayu Gresik dalam penghimpunan DPK dilakukan dengan memprospek calon nasabahnya terlebih dahulu, kegiatan promosinya dilakukan langsung terjun ke lapangan menemui calon nasabah secara rutin dengan sistem door to door dan layanan jemput bola. Penelitian ini memberikan saran dan rekomendasi kepada USPP-Syariah BMT NU Sidayu Gresik untuk tetap mempertahankan promosi dengan personal selling sebagai marketing funding dalam penghimpunan DPK pada BMT NU Sidayu Gresik, serta memaksimalkan kinerja marketing funding dan mengoptimalkan seluruh karyawan untuk melakukan kegiatan promosinya dengan mempertimbangkan kritik dan masukan dari angggotanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
A'ima, Silvia Rosydatulsilviarsy131@gmail.comG94219188
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Imroatulimroatul.azizah@uinsby.ac.id2011087302
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Personal selling; marketing funding; DPK
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Silvia Rosydatul A'ima
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:19
Last Modified: 11 Jun 2024 01:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70452

Actions (login required)

View Item View Item