Implementasi peraturan daerah Kabupaten Nganjuk Nomor 1 tahun 2015 tentang pengelolaan sampah di Desa Salamrojo Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk perspektif Fiqh al Bi'ah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rozaqi, Muhammad Ade Happy (2024) Implementasi peraturan daerah Kabupaten Nganjuk Nomor 1 tahun 2015 tentang pengelolaan sampah di Desa Salamrojo Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk perspektif Fiqh al Bi'ah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ade Happy Rozaqi_05020420036.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Ade Happy Rozaqi_05020420036_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 June 2027.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi tentang Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Nganjuk Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Sampah di Desa Salamrojo Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk Perspektif Fiqh Al-Bi’ah ini dituangkan dalam rumusan masalah: Bagaimana Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Nganjuk Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Sampah di Desa Salamrojo?, dan Bagaimana tinjauan Fiqh Al-Bi’ah terhadap pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Nganjuk Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Sampah di Desa Salamrojo Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk? Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini ialah penelitian hukum empiris untuk melihat hukum dalam artian nyata yakni untuk meneliti bagaimana kondisi dan sistem pengelolaan sampah di masyarakat salamrojo serta untuk mengetahui sejauh mana norma hukum dalam Peraturan Daerah Kabupaten Nganjuk Nomor 1 Tahun 2015 dalam mengoptimalkan pengelolaan sampah di Desa Salamrojo. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Nganjuk Nomor 1 Tahun 2015 di Desa Salamrojo Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk sudah terlaksana meskipun terdapat hambatan dalam pelaksanaannya. Adapun beberapa kendala yang didapat setelah observasi diantaranya belum tersedianya tempat penampungan sementara di Desa Salamrojo, selain itu sulitnya pengadaan badan pengelolaan, transportasi serta keuangan untuk optimalisasi pengelolaan sampah menjadi faktor lain yang menghambat optimalisasi pengelolaan sampah. Namun disamping itu Desa Salamrojo tetap mengupayakan yang terbaik untuk mengatasi permasalahan sampah ini, salah satunya adalah dengan selalu berupaya memunculkan kesadaran masyarakat untuk mengelola sampah rumah tangga secara mandiri dan kreatif walaupun sarana dan prasarana masih kurang. Adapun dalam perspektif ketatanegaraan , kelestarian lingkungan menjadi aspek penting dalam penegakan hukum karena memiliki pengaruh dalam kehidupan manusia, apabila manusia dapat menjaganya maka akan mendatangkan kebaikan dan manfaat, begitupula sebaliknya apabila manusia menimbulkan kerusakan terhadap lingkungannya maka lingkungan tersebut juga akan mendatangkan kerusakan seperti bencana. Sejalan dengan uraian di atas, penulis menyarankan untuk lebih meningkatkan kinerja pemerintahan dalam menyelenggarakan pengelolaan sampah khususnya hingga tingkat desa. Selain itu, alangkah baiknya pemerintah dari pihak desa beserta masyarakatnya juga meningkatkan koordinasi dan kesadarannya sebagai bentuk solusi untuk mengatasi permasalahan sampah di Desa mengingat problematika ini sudah berlangsung cukup lama dan belum ada tindakan lebih lanjut hingga saat ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rozaqi, Muhammad Ade Happyikanasapdrn@gmail.com05020420036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohmah, Elva Imeldaturelvaimeldaturrohmah@gmail.com2102049201
Subjects: Fikih > Fikih Siyasah
Hukum > Hukum Tata Negara
Lingkungan Hidup
Keywords: Sampah; Nganjuk; Fiqh al Bi’ah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Happy Rozaqi
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:09
Last Modified: 07 Jun 2024 03:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70458

Actions (login required)

View Item View Item