Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif wordwall terhadap hasil belajar IPAS materi wujud zat dan perubahanya di MINU Ngingas Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syabilana, Sinta Nuria (2024) Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif wordwall terhadap hasil belajar IPAS materi wujud zat dan perubahanya di MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sinta Nuria Syabilana_06040720093.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Sinta Nuria Syabilana_06040720093_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 June 2027.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksankan karena hasil belajar IPAS materi wujud zat dan perubahanya peserta didik kelas IV dikategorikan rendah yang disebabkan oleh kurangnya variasi penggunaan media saat kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, saat pembelajaran guru hanya memanfaatkan buku siswa, sehingga pada saat pembelajaran banyak peserta didik yang pasif dan kurang memperhatikan guru. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif wordwall terhadap hasil belajar peserta didik ipas materi wujud zat dan perubahanya di MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis metode penelitian yaitu quasi experiment dengan desain nonequivalent control group. Penelitian ini dilakukan kepada peserta didik kelas IV MINU Ngingas Waru Sidoarjo menggunakan clusture random sampling yaitu kelas kontrol IV A dan kelas eksperiment IV B. teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji-t dan perhitungan nilai N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran interaktif wordwall terhadap hasil belajar peserta didik IPAS materi wujud zat dan perubahanya di MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t diperoleh Thitung > Ttabel yaitu 11.714 > 1.675, atau diperoleh nilai sig (2 tailed) sebesar 0,00 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti adanya perbedaan yang signifikan pada penggunaan media interaktif wordwall terhadap hasil belajar ipas materi wujud zat dan perubahanya di MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Hasil perhitungan N-Gain hasil belajar peserta didik kelas eksprimen yaitu 0,84 (kategori tinggi) dan kelas kontrol yaitu 0,24 (kategori rendah).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syabilana, Sinta Nuriasintanuria1224@gmail.com06040720093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Media Wordwall; hasil belajar; Ipas wujud zat dan perubahanya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: sinta nuria syabilana
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:23
Last Modified: 07 Jun 2024 03:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70461

Actions (login required)

View Item View Item