Upaya diplomasi pengurus cabang istimewa Nahdlatul Ulama dalam mempromosikan Islam Nusantara di Korea Selatan tahun 2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahdi, Barzakhi Al- (2023) Upaya diplomasi pengurus cabang istimewa Nahdlatul Ulama dalam mempromosikan Islam Nusantara di Korea Selatan tahun 2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Barzakhi Al-Mahdi_I02219008.pdf

Download (10MB)
[img] Text
Barzakhi Al-Mahdi_I02219008_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 June 2027.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Upaya diplomasi yang dilakukan oleh PCINU dalam mempromosikan Islam Nusantara di Korea Selatan tahun 2021. Masyarakat Korea Selatan akhirnya mengetahui bagaimana Islam yang dibawakan oleh PCINU yang lebih berorientasi kepada Islam yang ramah, bertoleransi dan mengakomodir kebudayaan. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Selanjutnya penelitian ini menggunakan data primer berupa wawancara daring langsung kepada pihak PCINU Korea Selatan serta data sekunder berupa literatur terkait PCINU dan juga berita-berita yang ada di internet. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan konsep gerakan Islam Transnasional dan Diplomasi Islam, NU telah memenuhi tiga dimensi sebagai Gerakan Islam Transnasional yaitu kultural, struktural dan ideologi. Diplomasi Islam yang telah dicontohkan oleh Rasulullah yang menjunjung tinggi moral dalam pelaksanaannya. Hasil dari pada penelitian ini peneliti menemukan bahwa upaya diplomasi PCINU Korea Selatan sebagai gerakan Islam transnasional yaitu: melakukan kerjasama ekonomi yang sesuai dengan konsep Islam sopan dalam hubungan kemanusiaan dan komunikasi yang tepat, Pendekatan personal penerapan lambat namun pasti, kesederhanaan pada artibutnya, melakukan kegiatan Tabligh akbar merupakan penerapan sabar dalam mencapai tujuan dan Mix Marriage merupakan penerapan prinsip komunikasi yang tepat dan sikap sopan dalam hubungan kemanusiaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahdi, Barzakhi Al-barzakhialmahdi@gmail.comI02219008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurika, Rizki Rahmadinirr.nurika@uinsby.ac.id2025039001
Subjects: Hubungan Internasional
Keywords: Diplomasi Islam; gerakan Islam transnasional; PCINU Korea Selatan; Islam Nusantara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Barzakhi Al-Mahdi
Date Deposited: 07 Jun 2024 02:46
Last Modified: 07 Jun 2024 02:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70463

Actions (login required)

View Item View Item