Analisis pengaruh literasi keuangan, return dan modal minimal terhadap keputusan mahasiswa berinvestasi di pasar modal syariah pada mahasiswa ekonomi syariah UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Auliyah, Evi Nurul (2023) Analisis pengaruh literasi keuangan, return dan modal minimal terhadap keputusan mahasiswa berinvestasi di pasar modal syariah pada mahasiswa ekonomi syariah UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Evi Nurul Auliyah_G04219027.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Evi Nurul Auliyah_G04219027_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 June 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian“yang berjudul “Pengaruh Literasi Keuangan, Return, dan Modal Minimal Terhadap keputusan mahasiswa berinvestasi di pasar modal syariah” ini merupakan hasil dari penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mejawab pertanyaan terkait pengaruh literasi keuangan, return, dan modal minimal terhadap keputusan mahasiwa berinvestasi di pasar modal syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa ekonomi syariah UIN Sunan Ampel Surabaya dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah 124”responden. Penelitian“ini menggunakan data kuantitatif yang sudah diolah menggunakan bantuan SPSS versi 23 dengan model regresi linear berganda yang terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel literasi keuangan dan return berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa berinvestasi di pasar modal syariah; sedangkan variabel modal minimal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa berinvestasi di pasar modal syariah; adapun secara simultan variabel literasi keuangan, return, dan modal minimal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa berinvestasi di pasar modal syariah. Dari hasil penelitian ini diharapkan mahasiswa ekonomi syariah untuk tetap meningkatkan dan mengaplikasikan literasi keuangan yang telah didapatkan, tetap memperhatikan resiko yang diperoleh selain return yang didapat, serta terus berinvestasi secara aktif. Serta bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian yang lebih luas baik dari segi responden maupun wilayah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Auliyah, Evi Nurulevinurulauliyah123@gmail.comG04219027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatmah, Fatmahfatmah@gmail.com197507032007012020
Subjects: Ekonomi Islam
Investasi
Keuangan Islam
Keywords: literasi keuangan; return; modal minimal; keputusan investasi; pasar modal syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Evi Auliyah
Date Deposited: 11 Jun 2024 02:13
Last Modified: 11 Jun 2024 02:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70524

Actions (login required)

View Item View Item