Efektivitas Model Pembelajaran ICARE (Introduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) berbasis praktikum terhadap peningkatan keterampilan proses sains peserta didik materi sistem Ekskresi di MTs Darul Hikmah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fikriyah, Maulida (2024) Efektivitas Model Pembelajaran ICARE (Introduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) berbasis praktikum terhadap peningkatan keterampilan proses sains peserta didik materi sistem Ekskresi di MTs Darul Hikmah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulida Fikriyah_06021020014 OK.pdf

Download (483kB)
[img] Text
Maulida Fikriyah_06021020014 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 June 2027.

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains pada peserta didik kelas VIII di MTs Darul Hikmah. Hal ini disebabkan kurang melatih keterampilan proses sains pada saat pembelajaran karena metode pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi dengan menggunakan model pembelajaran konvensional salah satunya pada materi fotosintesis, dan kurangnya fasilitas pendukung dalam proses pembelajaran IPA sehingga menjadi penyebab rendahnya keterampilan proses sains peserta didik. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan perbaikan pada proses pembelajaran yang diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Fokus penelitian ini yaitu mengetahui efektivitas model pembelajaran ICARE berbasis praktikum terhadap peningkatan keterampilan proses sains materi sistem ekskresi di MTs Darul Hikmah. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental design menggunakan design non- equivalent control group design. Desain penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Darul Hikmah. Pada penelitian ini tidak menggunakan sampel karena populasi digunakan seluruhnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui tes, observasi, dan angket. analisis data menggunakan uji independent sample t-test.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model ICARE berbasis praktikum yang dilakukan peserta didik dapat dikatakan efektif dengan skor rata – rata yang diperoleh berada pada persentase 60% - 100%. Selain itu, hasil penelitian ini membahas terkait nilai rata – rata yang dimana pada hasil posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 61,25 dibandingkan kelas kontrol sebesar 31,56. Sedangkan n- gain score pada kelas eksperimen lebih besar sebesar 0,4655 sementara pada kelas kontrol sebesar 0,06678. Indikator yang mengalami peningkatan pada kelas eksperimen adalah merencanakan percobaan. Hasil angket respon model ICARE berbasis praktikum memiliki respon sangat baik dan positif dengan nilai rata – rata persentase 93,05%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fikriyah, Maulidamaulidafikriyah13@gmail.com06021020014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorInayah, Naililnailil.inayah@uinsa.ac.id2020068902
Thesis advisorJariyah, Ita Ainunita.ainun@uinsby.ac.id0705128601
Subjects: Biologi
Kurikulum
Pendidikan > Penelitian
Penelitian

Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: ICARE; Keterampilan Proses Sains; Sistem Ekskresi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Maulida Fikriyah
Date Deposited: 12 Jun 2024 01:21
Last Modified: 12 Jun 2024 01:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70545

Actions (login required)

View Item View Item