Penerapan pola asuh Single Parent dalam mengembangkan sikap disiplin anak di SMP Negeri 2 Gresik: studi kasus pada pembelajaran PAI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mainawati, Mut (2024) Penerapan pola asuh Single Parent dalam mengembangkan sikap disiplin anak di SMP Negeri 2 Gresik: studi kasus pada pembelajaran PAI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mut Mainawati_06040120093 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Mut Mainawati_06040120093 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 June 2027.

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan dasar dan utama seseorang berpusat pada keluarganya. Keluarga berperan penting dalam pendidikan untuk mengembangkan karakter, watak dan kepribadian seseorang. Oleh sebab itu karakter atau tingkah laku anak harus diperhatikan dengan seksama. Salah satu pendidikan karakter yang di tanamkan orang tua kepada anaknya adalah sikap disiplin. Disiplin merupakan suatu tindakan yang menunjukkan perilaku tata tertib dan patuh terhadap peraturan dan ketentuan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji beberapa masalah diantaranya (1) bagaimana strategi pengembangan sikap disiplin anak dengan penerapan pola asuh single parent pada pembelajaran PAI di sekolah (2) apa saja tantangan dan hambatan penerapan pola asuh single parent dalam mengembangkan sikap disiplin anak pada pembelajaran PAI (3) bagaimana sikap disiplin anak single parent di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta jenis penelitiannya adalah studi kasus, yang berfokus pada kasus tertentu dan dianalisis dengan cermat ditambah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan ialah kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi metode, waktu dan sumber. Hasil dari penelitin ini menunjukkan bahwa (1) pola asuh yang di terapkan oleh orang tua single parent adalah pola asuh demokratis dan pola asuh otoriter. Pola asuh demokratis orang tua cenderung memberikan kebebasan anak untuk bereskplorasi dengan dunianya akan tetapi orang tua masih mengawasi anak. Pola asuh yang dihasilkan dari pola asuh demokratis anak lebih mandiri, bertanggung jawab, dan saling terbuka antara orang tua dan anak. Sedangkan pola asuh otoriter orang tua mengasuh anak dengan tegas dan keras. Pola asuh ini cenderung memaksa dan menuntut anak untuk patuh terhadap perintahnya. Pola asuh yang di hasilkan dari pola asuh otoriter anak lebih cenderung pendiam, penakut, pemalu dll. (2) Hambatan dan tantangan yang di alami oleh orang tua single parent yaitu ketidakstabilan ekonomi, lingkungan pergaulan, rendahnya komunikasi dengan anak, sulit memahami karakter anak. (3) Sikap anak ketika di dalam kelas Irfan, Nizar, Rifki pada saat pembelajaran ia mendengarkan dengan seksama, mengerjakan dan di kumpulkan tepat waktu. Sedangkan Shodiq dan Adit ketika bergurau dengan temannya bahkan ia ketika mendapati tugas ia belum selesai untuk mengerjakannya. Keterlambatan masuk dan atribut tidak lengkap di alami oleh Shodiq dan Adit. Kemudian seragam tidak rapi di alami oleh Shodiq.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mainawati, MutInaawati19@gmail.com06040120093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRubaidi, Rubaidirubaidi@uinsby.ac.id2010067101
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibinamizuhri@uinsa.ac.id2011077202
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Keywords: Pola asuh; Single parent; Sikap disiplin.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mut Mainawati
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:52
Last Modified: 12 Jun 2024 04:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70555

Actions (login required)

View Item View Item