Penerapan Ajaran Hubbul Wathon Minal Iman terhadap peningkatan spiritualitas Jamaah Tarekat Shiddiqiyyah di Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Choirunnisa, Iva (2024) Penerapan Ajaran Hubbul Wathon Minal Iman terhadap peningkatan spiritualitas Jamaah Tarekat Shiddiqiyyah di Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Iva Choirunnisa_E97218069 OK.pdf

Download (722kB)
[img] Text
Iva Choirunnisa_E97218069 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 June 2027.

Download (929kB)

Abstract

Kabupaten Bojonegoro merupakan kawasan yang mendapatkan kemajuan teknologi dan informasi yang beberapa tahun belakangan sangat pesat, berbagai budaya modern yang diakibatkan oleh globalisasi banyak masuk ke berbagai lini kehidupan sehingga hal tersebut menyebabkan adanya penurunan rasa nasionalisme, lebih bangga menggunakan produk budaya luar sehingga menyebabkan degradasi spiritual pada masyarakat di Bojonegoro yang menyebabkan penurunan spiritualitas seperti perilaku individual, konsumtif, dan hedonis sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan ajaran hubbul wathon minal iman Tarekat Shiddiqiyyah berpengaruh terhadap peningkatan spiritualitas jamaah Tarekat Shiddiqiyah serta bentuk peningkatan spiritualitas jamaah Tarekat Shiddiqiyyah di Bojonegoro, penelitian ini menggunakan teknik kualitatif deskriptif & field research dengan wawancara bersama 5 jamaah tarekat shiddiqiyyah dan dokumentasi, hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan spiritualitas pada jamaah tarekat shiddiqiyyah di Bojonegoro yang ditandai dengan meningkatnya kesadaran ilahi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dimana kesadaran ilahi tersebut diwujudkan dengan berbagai bentuk perilaku seperti peningkatan kepedulian sosial dan alam, menggunakan produk dalam negeri, serta peningkatan kesadaran untuk menggunakan kesenian tradisional Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Choirunnisa, Ivaivachoirunnisa62@gmail.comE97218069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTasmuji, Tasmujitasmuji@uinsa.ac.id2027096201
Subjects: Agama
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Spiritualisme
Keywords: Ajaran hubbul wathon minal iman; spiritualitas; Tarekat Shiddiqiyyah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Iva Choirun nisa
Date Deposited: 20 Jun 2024 14:48
Last Modified: 20 Jun 2024 14:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70569

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item