Analisis yuridis dan hukum Islam dalam jasa washing kaos pada konveksi DNJ store di Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firmansyah, Fardian (2024) Analisis yuridis dan hukum Islam dalam jasa washing kaos pada konveksi DNJ store di Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fardian Firmansyah_05020220040 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 June 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Fardian Firmansyah_05020220040.pdf

Download (4MB)

Abstract

Konveksi DNJ Store merupakan konveksi yang melayani jasa washing dan jasa sablon, pemilik konveksi ini benama Dedi Nurjito. Dalam pengerjaan jasa washing kaos diawali dengan pemesanan jasa yang dilakukan oleh pembeli atau pemesan, setelah mencapai kesepakatan, kemudian adanya tahap pembersihan, setelah itu tahap washing, selanjutnya ke tahap pengeringan dan packing. Namun dalam praktiknya masih terdapat masalah, salah satunya yang dialami oleh Ervin yang menjadi pemesan jasa sekaligus pemilik Brand Nivreiday. Berdasarkan pernyataan Ervin, Dedi Nurjito selaku pemilik konveksi tidak menyampaikan spesifikasi kaos dalam washing saat awal transaksi yang mengakibatkan dirinya mengalami kerugian, karena kaos washing tersebut akan dijual ke pembeli-pembelinya. Skripsi ini menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah: 1) Bagaimana praktik jasa washing kaos pada Konveksi DNJ Store? dan 2) Bagaimana analisis yuridis dan hukum islam dalam jasa washing kaos pada Konveksi DNJ Store?. Dalam skripsi ini memakai jenis penelitian lapangan yang mengambil data berdasarkan fakta yang ada di lapangan dan dikumpulkan menggunakan teknik wawancara langsung terhadap Ervin sebagai pemesan jasa dan Dedi Nurjito selaku pemilik Konveksi DNJ Store. Data yang didapatkan berupa pengalaman pemesan jasa dalam melakukan pemesanan jasa washing dan pernyataan pemilik Konveksi DNJ Store. Analisis menggunakan teori perjanjian dan akad ijārah. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan: pertama, praktik jasa washing kaos hasilnya tidak sesuai dengan kesepakatan karena tidak ada kejelasan pada bahan kaos washing, hal ini karena kelalaian kedua belah pihak. Kedua, analisis yuridis dalam jasa washing kaos berdasarkan Pasal 1320 KUHPerdata yaitu perjanjian tetap sah, meskipun hasil washing tidak sesuai kesepakatan. Analisis dalam jasa washing kaos berdasarkan akad ijārah ialah akadnya tetap sah namun fasid, karena pada rukun ṣīghah tidak ada kejelasan pada bahan kaos washing. Berdasarkan hasil yang dipaparkan diatas, maka penulis memberikan saran: Pertama, untuk konsumen atau pemesan jasa, harus mengetahui konsep kaos washing sebelum melakukan pemesanan jasa washing kaos. Kedua, untuk pihak konveksi seharusnya memberikan pelayanan yang baik dan mengedukasi pihak pemesan dalam hal jasa washing kaos.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firmansyah, Fardianfirmansyahfardian23@gmail.com05020220040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi, Abdabd.hadi@uinsby.ac.id2018115501
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Ijarah
Hukum Ekonomi
Keywords: Analisis yuridis; hukum Islam; jasa washing kaos; konveksi DNJ store
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Fardian Firmansyah
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:00
Last Modified: 12 Jun 2024 04:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70608

Actions (login required)

View Item View Item