Manajemen pendidikan karakter dalam menanamkan sikap toleransi siswa di MAN 2 Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuhda, Afilia (2024) Manajemen pendidikan karakter dalam menanamkan sikap toleransi siswa di MAN 2 Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afilia Zuhda_06040320067 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 June 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Afilia Zuhda_06040320067.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Manajemen Pendidikan Karakter dalam Menanamkan Sikap Toleransi Siswa di MAN Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai perencanaan pendidikan karakter dalam menanamkan sikap toleransi siswa di MAN 2 Jombang, pelaksanaan pendidikan karakter dalam menanamkan sikap toleransi siswa di MAN 2 Jombang, evaluasi pendidikan karakter dalam menanamkan sikap toleransi siswa di MAN 2 Jombang. Jenis penelitian ini deksriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Wakil kepala madrasah bidang kurikulum,Wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, Wakil kepala madrasah bidang humas dan Dewan guru. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis dan interpertasi data serta menggunakan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa: (1) perencanaan pendidikan karakter dalam menanamkan sikap toleransi siswa di MAN 2 Jombang melalui 3 proses. Pertama, proses rapat tahunan madrasah. Kedua, mengintegrasikan nilai karakter ke dalam semua matsa pelajaran. Ketiga, penyusunan program atau kegiatan madrasah. (2) pelaksanaan pendidikan karakter dalam menanamkan sikap toleransi siswa di MAN 2 Jombang melalui 4 proses. Pertama, pengitegrasian nilai karakter pada setiap mata pelajaran. Kedua, kegiatan rutin (pembiasaan dan keteladaan). Ketiga, kegiatan yang diprogramkan madrasah (kegiatan harian, mingguan, bulanan, tahunan) Keempat, kerja sama dengan lingkungan madrasah (hubungan dengan pondok pesantren). (3) evaluasi pendidikan karakter dalam menanamkan sikap toleransi siswa di MAN 2 Jombang melalui 3 proses. Pertama, pengevaluasian dilakukan dengan memantau secara langsung. Kedua, pengevaluasian dilakukan setiap semester. Ketiga, pengevaluasian dilakukan setiap tahun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuhda, Afiliaafiliazuhda20@gmail.com06040320067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaarif, Samsulsamsul_jombang@yahoo.com2007046401
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnurilhudauinsa@gmail.com2027068001
Subjects: Akhlak
Manajemen Pendidikan
Keywords: Manajemen pendidikan karakter; sikap toleransi; siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Afilia Zuhda
Date Deposited: 13 Jun 2024 07:35
Last Modified: 13 Jun 2024 07:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70633

Actions (login required)

View Item View Item