Analisis hukum Islam terhadap pemberian nafkah keluarga dari hasil bermain game Higgs Domino Island (studi kasus di Desa Karang Semanding Balongpanggang Gresik)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sururi, Mohammad Miftahus (2023) Analisis hukum Islam terhadap pemberian nafkah keluarga dari hasil bermain game Higgs Domino Island (studi kasus di Desa Karang Semanding Balongpanggang Gresik). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Miftahus Sururi_C91218121 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 June 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Mohammad Miftahus Sururi_C91218121.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan bagaimana praktik pencarian nafkah keluarga dari bermain game Higgs Domino Island di Desa Karang Semanding Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik serta bagaimana analisis hukum Islam terhadap pencarian nafkah keluarga dari bermain game Higgs Domino Island di Desa Karang Semanding Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik. Data penelitian dihimpun melalui wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis menggunakan metode penelitian kualitatif-deskriptif yang menggunakan data di lapangan kemudian dianalisis dengan teori-teori hukum Islam untuk selanjutnya ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa bermain game Higgs Domino Island hukumnya adalah haram karena melanggar syariat hukum Islam yang dalam prakteknya terdapat sebuah pertaruhan yang menjadikannya tergolong sebagai maysir. Status hukum harta yang diperoleh dari game Higgs Domino Island adalah haram, karena dalam syariat Islam dijelaskan bahwa sesuatu yang didapat dari perbuatan yang haram maka haram pula apa yang didapat darinya. Nafkah yang diberikan oleh seorang suami yang didapat dari bermain Higgs Domino Island hukumnya haram bagi suami tapi mubah untuk yang dinafkahi, dalam kata lain semua dosa atas keharaman harta tersebut ditanggung oleh suami atau pemberi nafkah, karena harta yang dinafkahkan tergolong harta yang haram likasbihi atau haram karena sebab perolehannya. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka terdapat beberapa hal yang dapat dijadikan masukan bagi masyarakat dalam mencari nafkah yaitu apabila seorang suami ingin memberikan nafkah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, hendaklah menggunakan cara yang terhindar dari unsur perjudian atau maysir. Karena meskipun yang diberi nafkah tidak menanggung dosanya, tetapi akibat dari memakan barang yang haram dapat berdampak pada mereka seperti melemahnya ingatan dan lain sebagainya sebagaimana yang disyariatkan dalam Islam. Masih banyak yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, seperti membuat channel youtube kemudian membuat konten-konten yang positif dan lain sebagainya sehingga dapat memperoleh harta yang halal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sururi, Mohammad Miftahusmiftahussururi12@gmail.comC91218121
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCandrawati, Siti Dalilahdalillahcandra@yahoo.com2020066001
Subjects: Akhlak > Akhlak Tercela
Ideologi Islam
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Hukum Islam; nafkah keluarga; hasil bermain game; Higgs Domino Island
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miftahus Sururi
Date Deposited: 19 Jun 2024 03:18
Last Modified: 19 Jun 2024 03:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70660

Actions (login required)

View Item View Item