Fenomena meminta-minta gift pada live tiktok perspektif hadis: kajian ma’anil hadis riwayat Imam al Nasa’i nomor indeks 2377 dengan pendekatan fenomenologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rayyan, Muhammad (2024) Fenomena meminta-minta gift pada live tiktok perspektif hadis: kajian ma’anil hadis riwayat Imam al Nasa’i nomor indeks 2377 dengan pendekatan fenomenologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rayyan_07030520069.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Rayyan_07030520069_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 June 2027.

Download (2MB)

Abstract

Fenomena meminta-minta gift pada live TikTok semakin meningkat seiring dengan kemajuan teknologi dan semakin meluasnya penggunaan media sosial. Meminta-minta menurut merupakan suatu perilaku yang dilarang dalam Islam. Hal ini sesuai dengan hadis riwayat al-Nasa’i tentang meminta-minta, Nabi menjelaskan bahwa orang yang meminta-minta akan dibangkitkan di akhirat tanpa sepotong dagingpun di wajahnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah meneliti kualitas dan kehujjahan hadis riwayat al-Nasa’i nomor indeks 2377, meneliti pemahaman hadis riwayat al-Nasa’i nomor indeks 2377 dan juga memperoleh relevansi hadis dalam sunan al-Nasa’i nomor indeks 2377 dengan fenomena meminta-minta gift pada live TikTok dengan pendekatan fenomenologi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah hadis riwayat Imam al-Nasa’i nomor indeks 2377 berstatus s}ah}ih} li> dha>tih sehingga termasuk hadis yang diterima (maqbu>l) dan dapat dijadikan hujjah. Kedua, hadis tersebut menjelaskan larangan meminta-minta dengan menjelaskan balasan yang akan diterima di akhirat kelak dengan dibangkitkan tanpa daging sedikitpun di wajahnya. Ketiga, relevansi hadis dalam Sunan al-Nasa’i nomor indeks 2377 dengan fenomena meminta-minta gift pada live TikTok dengan pendekatan fenomenologi adalah penyalahgunaan fitur siaran langsung dengan mencari simpati dan meminta-minta dengan tujuan untuk mendapatkan gift yang selanjutnya dicairkan dalam bentuk uang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rayyan, Muhammadrayyanngr@gmail.com07030520069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIchwayudi, Budib.ichwayudi@uinsby.ac.id2016047602
Subjects: Gelandangan
Kemiskinan
Hadis
Adat
Keywords: Meminta-minta; Sunan al Nasa'i; fenomenologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Muhammad Rayyan
Date Deposited: 19 Jun 2024 02:56
Last Modified: 19 Jun 2024 02:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70666

Actions (login required)

View Item View Item