Analisis etika bisnis Islam terhadap jual beli proprti di Developer Ahsana Property Syariah Mojokerto Kota

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fattikah, Rohmawati (2022) Analisis etika bisnis Islam terhadap jual beli proprti di Developer Ahsana Property Syariah Mojokerto Kota. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rohmawati Fattikah_G04217058 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Rohmawati Fattikah_G04217058 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 June 2027.

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini diperoleh melalui wawacara, observasi serta mencari data di website perusahaan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yakni data primer yang didapatkan melalui wawancara dengan 3 pihak general manager Ahsana Mojokerto Kota, manager marketing pusat Ahsana Mojokerto Kota, dan terakhir manager Ahsana Mojokerto Kota serta 2 pembeli, dan data sekunder didapatkan melalui buku, jurnal mengenai jual beli, property syariah, Etika Bisnis Islam, serta website perusahaan untuk mendapat data Developer Ahsana property syariah. Hasil penelitian dapat disimpulkan: Dalam praktek jual beli Ahsana Property Syariah Mojokerto Kota masih terdapat akad yang kurang sesuai dengan praktik jual beli yang dijalankan dan praktik jual beli yang diterapkan Ahsana Property Syariah sudah menggunakan nilai-nilai yang terkandung dalam prinsip-prinsip Etika Bisnis Islam yaitu: Tauhid dilakukan dengan cara menciptakan transaksi yang tidak mengandung unsur riba, gharar dan transaksi jual yang digunakan tidak merugikan salah satu pihak; Keseimbangan terletak pada adanya kesetaraan antara kewajiban dan hak antara penjual dan pembeli. Kebebasan terletak pada kebebasan pembeli untuk memilih tipe rumah, lokasi dan harga serta tidak memberikan batasan dalam hal menyampaikan keluhan konsumen;Tanggung Jawab terletak pada praktik jual beli dalam hal memberikan kualitas spesifikasi bangunan sesuai dengan brosur/ plafet; Kebajikan terletak pada proses transaksi jual beli yang terdapat unsur tolong menolong.
Saran untuk Developer Ahsana Property Syariah Mojokerto Kota
diharapkan agar tetap mempertahankan prinsip-prinsip Etika Bisnis Islam dalam menjalankan seluruh rangkaian praktik jual beli.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fattikah, Rohmawatirohmawatifattikah25@gmail.comG04217058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Imroatuliim.azizah1973@gmail.com2011087302
Subjects: Jual Beli
Etika
Keywords: Jual beli; property Syariah; Etika Bisnis Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rohmawati Fattikah
Date Deposited: 21 Jun 2024 01:56
Last Modified: 21 Jun 2024 01:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70680

Actions (login required)

View Item View Item