Strategi kepala madrasah dalam memberikan pelayanan pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus di MI Darul Muttaqin Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firmanda, Ade Febriana (2023) Strategi kepala madrasah dalam memberikan pelayanan pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus di MI Darul Muttaqin Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ade Febriana Firmanda_D73219039 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ade Febriana Firmanda_D73219039 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 June 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang berkaitan dengan strategi yang digunakan kepala madrasah dengan pelayanan pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus. Strategi yang diterapkan kepala madrasah pada umumnya memiliki dampak yang signifikan terhadap pelayanan pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini akan mengulas secara rinci strategi yang dipakai oleh kepala madrasah dalam memberikan pelayanan pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus di MI Darul Muttaqin. Fokus penelitian ini difokuskan pada variable-variabel berikut: 1) Bagaimana kepala madrasah menerapkan strategi dalam memberikan pelayanan pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus di MI Darul Muttaqin Sidoarjo?, 2) Apa saja bentuk pelayanan pendidikan yang diberikan kepada siswa berkebutuhan khusus di MI Darul Muttaqin Sidoarjo?, 3) Apa saja faktor penghambat dan faktor pendorong strategi kepala madrasah dalam memberikan pelayanan pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus di MI Darul Muttaqin Sidoarjo?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah Strategi Kepala Madrasah dalam memberikan pelayanan pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus di MI Darul Muttaqin Sidoarjo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mencakup teori Alamsyah tentang strategi kepala sekolah dan teori Rasmitadila tentang jenis pelayanan pendidikan untuk siswa berkebutuhan khusus. Metode pengumpulan data yang digunakan mencakup wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah menerapkan strategi pelayanan pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus melalui tiga pendekatan, yaitu strategi kebijakan, strategi motivasi, dan strategi fasilitatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firmanda, Ade Febrianaadefebriana19@gmail.comD73219039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinnsby.ac.id2012016701
Subjects: Kepala Sekolah
Manajemen Pendidikan
Keywords: Strategi Kepala Madrasah; Pelayanan Pendidikan Inklusi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ade Febriana Firmanda
Date Deposited: 19 Jun 2024 08:07
Last Modified: 19 Jun 2024 08:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70685

Actions (login required)

View Item View Item