Pengorganisasian Kelompok Tani Rahayu menghadapi belenggu Pertanian Kimia di Dusun Tegalrejo Desa Ngablak Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmawati, Indah Nur (2023) Pengorganisasian Kelompok Tani Rahayu menghadapi belenggu Pertanian Kimia di Dusun Tegalrejo Desa Ngablak Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indah Nurrachmawati_B92219099 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Indah Nurrachmawati_B92219099 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 June 2027.

Download (2MB)

Abstract

Pada penelitian ini dibahas mengenai ketidakmampuan
masyarakat saat mengalami belenggu dari pemakaian bahan kimia di pertanian. Riset ini bertujuan guna mengamati bagaimana belenggu bahan kimia dalam pertanian di Dusun Tegalrejo, mengetahui prosedur pengorganisasian masyarakat yang menjadi usaha ataupun siasat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, selain itu juga mengetahui kaitan pengorganisasian masyarakat islam dalam prosedur memecahkan permasalahan. Metode PAR (Participatory Action Research) digunakan dalam penelitian ini, yang mana lebih menampilkan keterlibatan masyarakat serta membuat masyarakat menjadi subjek dalam prosedur pengorganisasian. Prosedur penelitian ini dijalankan dengan meninjau permasalahan yang terdapat di masyarakat sampai pada proses pemecahan dari permasaahan tersebut. Sehingga, dapat menciptakan transformasi social yang diinginkan masyarakat. Permasalahan pemakaian bahan kimia yang tinggi oleh masyarakat di pertanian Dusun Tegalrejo memberi pengaruh yang amat buruk bagi lingkungan. Prosedur pengorganisasian menjadi usaha dalam memecahkan permasalahan yang dilaksanakan melalui beberapa tahap penelitian PAR, yang diawali dari pemetaan awal sampai dengan monitoring serta evaluasi dari program yang dijalankan bersama dengan masyarakat. Terdapat pula perubahan yang timbul sesudah aktivitas dijalankan yakni masyarakat mempunyai pengetahuan serta keterampilan dalam menumbuhkan pertanian yang ramah lingkungan, komunitas tani mampu mengelola sistem pertanian dengan baik, dan terdapat aturan desa yang berada di pihak petani dengan ramah lingkungan. Dengan demikian, prosedur riset aksi ini mampu membuat transformasi social di masyarakat yang kuat serta independen. Prosedur pengorganisasian masyarakat dalam kaitannya dengan dakwah pengembangan masyarakat islam ialah prosedur memecahkan permasalahan dalam penelitian ini diamati dari implementasi prosedur pengorganisasian yang memiliki nilai keislaman di masyarakat, islam mendidik umat
manusia supaya memelihara kelestarian lingkungan, dengan islam ialah agama yang rahmatan lil ‘alamin yaitu rahmat bagi keseluruhan alam semesta.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmawati, Indah Nurindahnur1000@gmail.comB92219099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusrianingsih@gmail.com2018057601
Subjects: Masyarakat Islam
Organisasi Masyarakat
Pengabdian Masyarakat
Keywords: Pengorganisasian; pertanian ramah lingkungan; ketidakberdayaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Indah Nur Rachmawati
Date Deposited: 21 Jun 2024 00:58
Last Modified: 21 Jun 2024 00:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70690

Actions (login required)

View Item View Item