Pengaruh penggunaan Media Flash Card dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar materi gaya dan gerak di kelas IV SD Negeri Kebonagung 2 Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pauziah, Trindy Octavianti (2024) Pengaruh penggunaan Media Flash Card dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar materi gaya dan gerak di kelas IV SD Negeri Kebonagung 2 Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Trindy Pauziah Octavianti_06010720019 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Trindy Pauziah Octavianti_06010720019 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 June 2027.

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran Ipa di kelas IV terlihat tidak begitu menarik karena guru hanya menggunakan media buku teks yang tersedia, hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Indikasinya ialah masih banyak siswa yang mengantuk, siswa yang ramai,dan siswa yang sibuk dengan dunianya sendiri. Hal ini juga dikarenakan kurangnya penggunaan media yang bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional dan penggunaan media flash card dalam pembelajaran IPA pada materi gaya dan gerak pada siswa kelas 4 SD Negeri Kebonagung 2 Kabupaten Sidoarjo.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas IV SD Negeri Kebonagung 2 Sukodono menggunakan sampling yaitu kelas kontrol (IVA) dan kelas Eksperimen (IVB). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, dan perhitungan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan sebesar 76,14 diperoleh dari kelas eksperimen dan sebesar 74,71 diperoleh dari kelas kontrol. Hasil uji-t dapat dilihat nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dan variabel akhir. Nilai rata rata N-Gain untuk kelas eksperimen sebesar 0,35 atau 35% termasuk kategori sedang dengan nilai N-Gain score minimal 0,30 dan maksimal 0,70. Rata-rata nilai N-Gain untuk kelas kontrol adalah 0,29 atau 29% termasuk kategori rendah. Hasil belajar siswa yang diberikan perlakuan dengan meggunakan media flashcard lebih baik. Peningkatan hasil belajar siswa didukung oleh faktor eksternal yakni proses pendidikan yang dilakukan oleh guru menggunakan media flashcard yang menghasilkan inovasi baru dalam proses pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pauziah, Trindy Octaviantitrindypauziah25@gmail.com06010720019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorChaasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Media Flash Card; Hasil belajar; Gaya dan Gerak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Trindy Pauziah Octavvianti
Date Deposited: 19 Jun 2024 13:56
Last Modified: 19 Jun 2024 13:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70697

Actions (login required)

View Item View Item