Usamah bin Zaid: panglima perang termuda dalam sejarah islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmatunni'mah, Dewi Aprilyanti (2024) Usamah bin Zaid: panglima perang termuda dalam sejarah islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Aprilyanti Rahmatunni'mah_03010220006 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dewi Aprilyanti Rahmatunni'mah_03010220006 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 June 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:(1) Bagaimana biografi dari Usamah bin Zaid? (2) Bagaimana respon sahabat terhadap pengangkatan Usamah bin Zaid menjadi panglima Perang Mu’tah? (3) Bagaimana peran Usamah bin Zaid dalam Perang Mu’tah (632 M)?. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian sejarah (historis), yaitu suatu langkah merekonstruksi masa lampau secara sistematis dan objektif dengan cara mengumpulkan, mengkritik, dan menafsirkan data dalam rangka menegakkan fakta serta kesimpulan yang kuat. Kemudian, dalam penelitian ini menggunakan teori genealogi yang dikemukakan oleh Michel Foucault. Selanjutnya, data tersebut dianalisis dengan metode historis analitis. Skripsi ini menyimpulkan bahwa pertama, Usamah bin Zaid merupakan sosok yang dekat dengan Rasulullah. bahkan orang tuanya merupakan sosok yang sangat istimewa bagi Rasulullah. Dimana ayahnya merupakan anak angkat Rasulullah, dan ibunya merupakan ibu asuh Rasulullah. Pada Perang Mu’tah (630 M), ayahnya, Zaid bin Hartisah meninggal sebagai panglima perang. Kemudian pada tahun 632 M, Usamah ditunjuk menjadi panglima perang menggantikan ayahnya. Pengangkatan ini menimbulkan berbagai respon sahabat, khususnya keraguan akan sosok Usamah. Namun, Usamah bin Zaid berhasil menjawab keraguan dari sahabat terhadap dirinya yang menjadi panglima perang dengan cara pulang dengan membawa kemenangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmatunni'mah, Dewi Aprilyantidewiaprilyanti806@gmail.com03010220006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMughni, Syafiq A.mughni54@yahoo.com2015065401
Thesis advisorJuma', Juma'eden.jou@gmail.com2012018804
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Perang Dunia
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Usamah bin Zaid; panglima perang termuda; Perang Mu’tah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Dewi Aprilyanti Rahmatunni'mah
Date Deposited: 19 Jun 2024 22:29
Last Modified: 19 Jun 2024 22:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70721

Actions (login required)

View Item View Item