Cinta buta dan tuli dalam perspektif hadis cinta buta dan tuli dalam perspektif hadis: kajian ma’ani al hadits dalam kitab Sunan Abu Dawud no. Indeks 5130 dengan pendekatan sosiologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ali, Mochammad Haidar (2024) Cinta buta dan tuli dalam perspektif hadis cinta buta dan tuli dalam perspektif hadis: kajian ma’ani al hadits dalam kitab Sunan Abu Dawud no. Indeks 5130 dengan pendekatan sosiologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Haidar Ali_07010520015.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Mochammad Haidar Ali_07010520015_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 June 2027.

Download (3MB)

Abstract

Setiap Manusia pasti memiliki rasa emosional, salah satunya ialah rasa Cinta. Cinta tak selalu dengan seseorang, bisa kepada tuhan, barang, tempat. Namun masih sering terdengar problematika yang muncul karena cinta. Dengan Demikian pembahasan pada penelitian ini terfokuskan kepada pemaknaan Cinta membuat buta dan Tuli dengan pendekatan Sosiologi. Adapun rumusan masalah pada penelititan ini meliputi: pertama, bagaimana Kualitas dan Keh}ujjahan Hadis dalam Kitab Sunan Abu> Dawu>d No. Indeks 5130, kedua bagaimana pemaknaan Hadis dalam Kitab Sunan Abu> Dawu>d No. Indeks 5130 tentang cinta membuat buta dan tuli, ketiga bagaimana Pemahaman dalam bahaya Cinta Buta dalam Kitab Sunan Abu> Dawu>d No. Indeks 5130 dengan Pendekatan Sosiologi. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian library research. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu, (1) Hadis tersebut berkualitas d}a’i>f karena tidak memenuhi kriteria ke s}ah}ih} an hadis yaitu salah satu sanad nya yakni abi bakr yang ingatannya kurang sempurna. (2) Dikatakan buta dari segala aib-aib atau keburukan yang disukainya, dan dikatakan juga dari segala sesuatu yang lain. (3) Kandungan Hadis Riwayat Imam Abu> Dawu>d nomor indeks 5130 dapat dikatakan relevan dengan prinsip secara sosiologi dalam beberapa poin, hal tersebut merupakan upaya dalam mengoptimalkan cara dan tujuan dalam mencintai, yang disesuaikan dengan hukum-hukum yang berlaku dalam agama, negara, dan budaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ali, Mochammad Haidarmochammadhaidarali20@gmail.com07010520015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Mohammad Hadihadisucipto@gmail.com2010037502
Subjects: Hadis
Keywords: Cinta; sosiologi; hadis
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Mochammad Haidar Ali
Date Deposited: 25 Jun 2024 05:23
Last Modified: 25 Jun 2024 05:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70732

Actions (login required)

View Item View Item