Filosofi ekonomi Jamaah Tarekat Shiddiqiyah Ploso Jombang: studi atas hubungan filosofi ekonomi tarekat dengan etos kerja Jamaah Tarekat Shiddiqiyyah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahman, Hendra Yulia (2022) Filosofi ekonomi Jamaah Tarekat Shiddiqiyah Ploso Jombang: studi atas hubungan filosofi ekonomi tarekat dengan etos kerja Jamaah Tarekat Shiddiqiyyah. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hendra Yulia Rahman_F53318017 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hendra Yulia Rahman_F53318017 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 June 2027.

Download (3MB)

Abstract

Indonesia sebagai negara dengan jumlah pemeluk islam terbesar di dunia, merupakan tempat tumbuh subur ajaran tarekat, juga memiliki aliran tarekat terbanyak di dunia. Tarekat oleh sebagian kalangan, dideskpripsikan sebagai kelompok keagamaan Islam, yang didoktrin untuk menjauhi duniawi. Tarekat Shiddiqiyah memiliki ciri unik, dibandingkan dengan aliran tarekat lainnya, Fokus penelitian ini membahas tentang, bagaimana filosofi ekonomi jamaah tarekat shiddiqiyah, dan bagaimana pengaruh filosofi ekonomi terhadap etos kerja jamaah tarekat Shiddiqiyah. Berdasarkan obyek penelitian, baik tempat maupun sumber data, maka penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach), yang termasuk penelitian kualitatif deskriptif, sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan dalam kajian ini, menggunakan pendekatan studi kasus. Penelitian ini berusaha mengungkap, konsep dan makna filosofi ekonomi tarekat Shiddiqiyah dan pengaruhnya terhadap etos kerja. Hasil penelitian ini, ditemukan beberapa filosofi ekonomi tarekat Shiddiqiyah diantaranya: filosofi ekonomi sirih, filosofi ekonomi hujan, filosofi ekonomi jujur dan filosofi ekonomi musafir. Filosofi ekonomi tarekat Shiddiqiyyah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap etos kerja jamaah tarekat Shiddiqiyah. Implikasi dari penelitian, ini juga mematahkan tesis Max Weber's dalam teorinya The Protestant Ethic and the Spirit of Capitalism dan negative image pada organisasi tarekat. Penelitian ini menjadi anti tesis dari teori Max Weber’s yang menyatakan, bahwa hanya sekte protestan yang memiliki ajaran etos kerja, kepada jamaahnya, juga menghilangkan negative image terhadap tarekat, yang selam ini dianggap penyebab kemunduran ekonomi dalam Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahman, Hendra Yuliahendra9rahman@gmail.comF53318017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZahro, Ahmad--2007065501
Thesis advisorAbitolkha, Amir Maliki--0008117104
Subjects: Ekonomi
Keywords: Tarekat Shiddiqiyyah; Filosofi Ekonomi Tarekat; Etos Kerja; Kemandirian Ekonomi.
Divisions: Program Doktor > Ekonomi Syariah
Depositing User: Hendra Yulia Rahman
Date Deposited: 24 Jun 2024 04:51
Last Modified: 24 Jun 2024 05:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70747

Actions (login required)

View Item View Item