Pengelolaan arsip digital melalui aplikasi sistem informasi tata naskah dinas elektronik (SiNaDine) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adzimah, Himmatul (2024) Pengelolaan arsip digital melalui aplikasi sistem informasi tata naskah dinas elektronik (SiNaDine) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Himmatul Adzimah_06020320031.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Himmatul Adzimah_06020320031_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 June 2027.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengelolaan arsip digital melalui aplikasi sistem informasi tata naskah dinas elektronik (SiNaDine) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lamongan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai pengelolaan arsip digital melalui aplikasi SiNaDine, faktor pendukung dan penghambat pengelolaan arsip digital melalui aplikasi SiNaDine serta dampak pengelolaan arsip digital melalui aplikasi SiNaDine. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Informan pada penelitian ini yaitu Kepala Kasubag TU, Arsiparis dan tiga staf PTSP. Objek Penelitian ini ada pengelolaan arsip digital melalui aplikasi SiNaDine. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis dan interpretasi data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada proses pengujian keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan arsip digital melalui aplikasi SiNaDine ini telah menerapkan aplikasi Sinandine sejak tahun 2019 ketika adanya covid 19. SiNaDine merupakan aplikasi buatan Kanwil Jawa Timur yang diadopsi oleh kantor Kemenag Lamongan. Proses pengelolaan arsip di SiNaDine dilakukan melalui 4 proses yaitu penciptaan dan penyimpanan arsip, arsip diciptakan melalui 2 cara yakni proses scanning jika surat berbentuk hard copy sedangkan jika berbentuk soft copy maka otomatis akan langsung di upload. Untuk penyimpanan sendiri Kemenag Lamongan menyimpan semua data pada aplikasi namun juga penyimpanan melalui manual masih dilakukan dengan mencatat pada buku agenda. Kedua yakni distribusi dan penggunaan, proses distribusi arsip dilakukan ketika sudah mendapat persetujuan dari pihak terkait. Ketika sudah disetujui barulah arsip dapat d distribusi dan digunakan . ketiga adalah pemeliharaan. Pemeliharaan yang dilakukan Kemenag Lamongan adalah dengan pemeliharaan pada perangkat keras maupun lunak . yang terakhir yakni disposisi, Kemenag Lamongan masih belum melaksanakan proses penghapusan arsip karena masih belum ada sosialisasi terkait penghapusan dari pihak atas. Faktor pendukung dari pengelolaan arsip melalui aplikasi SiNaDine adalah adanya dasar hukum serta komitmen pemerintah, ketersediaan infrastruktur teknologi dan SDM yang memadai. Untuk faktor penghambat sendiri adalah Sumber Daya manusia, kurangnya sosialisasi dan server yang sering down. Dampak dari penggunaan aplikasi SiNaDine ini sangat membantu proses persuratan di kantor Kemenag Lamongan karena dapat mempercepat proses persuratan dan menghemat biaya dinas. Selain itu aplikasi ini dapat diakses dimana pun dan kapan pun karena bisa dibuka melalui handphone.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adzimah, Himmatulhimmatuladzimah118@gmail.com06020320031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Thesis advisorBachtiar, Machfudbachtiyar.mahfud@gmail.com2009047701
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Pengelolaan arsip digital; SiNaDine; sistem informasi elektronik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Himmatul Adzimah
Date Deposited: 25 Jun 2024 02:22
Last Modified: 25 Jun 2024 02:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70799

Actions (login required)

View Item View Item