Kepribadian masyarakat muslim perspektif Tafsir at-Tanwir: analisis atas tafsir surat Al-Baqarah ayat 142-152

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Af'idah Nadlilatul (2024) Kepribadian masyarakat muslim perspektif Tafsir at-Tanwir: analisis atas tafsir surat Al-Baqarah ayat 142-152. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Af'idah Nadlilatul Ummah_07010320003 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Af'idah Nadlilatul Ummah_07010320003 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 June 2027.

Download (2MB)

Abstract

Tafsir at-Tanwir meletakkan konsep kepribadian masyarakat muslim pada surat Al-Baqarah ayat 142-152. Pada umumnya ayat-ayat tersebut membahas mengenai perubahan arah kiblat (arah salat) umat Islam. Dalam konteks spesifik, ayat-ayat tersebut kaitannya dengan konsep kepribadian tidak langsung jelas. Oleh karena itu, penelitian ini menganalisis konsep kepribadian masyarakat muslim perspektif Tafsir at-Tanwir karya Muhammadiyah. Analisis ini bertujuan untuk menggali makna dan implikasi dari konsep tersebut bagi warga Muhammadiyah, dimana nilai-nilai yang dirumuskan menjadi landasan dalam berbagai aspek kehidupan. Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah, pertama, bagaimana penafsiran surat Al-Baqarah ayat 142-152 dalam Tafsir at-Tanwir?. Kedua, bagaimana konsep kepribadian masyarakat muslim perspektif Tafsir at-Tanwir?. Ketiga, bagaimana relevansi konsep kepribadian masyarakat muslim dalam Tafsir at-Tanwir dengan ideologi Muhammadiyah ?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab ketiga permasalahan yang telah disebutkan. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), dengan menggunakan sumber data berupa literatur tertulis, seperti kitab tafsir, buku, jurnal, penelitian terdahulu, dan lain sebagainya yang relevan dengan pokok permasalahan. Sedangkan dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan teknik deskriptif-analitis dengan tujuan untuk memberikan gambaran objek yang diteliti, yakni kepribadian masyarakat muslim perspektif Tafsir at-Tanwir. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa penafsiran surat Al-Baqarah ayat 142-152 dalam Tafsir at-Tanwir menghubungkan kiblat dengan idealitas masyarakat Islam. Hubungan tersebut memberikan pemahaman bahwa kiblat dan idealitas masyarakat Islam merupakan implementasi dari kerangka keberagaman etis dalam millah Ibrahim yang menjadi model Islam rahmatan lil ‘alamin yang didakwahkan oleh Nabi Muhammad. Pembicaraan tentang idealitas masyarakat Islam dalam rangkaian surat tersebut meliputi kepribadian yang seharusnya dimiliki oleh masyarakat Islam yang apabila diinternalisasikan akan membentuk masyarakat maju dan terarah. Selain itu, konsep ini juga selaras dengan ideologi Muhammadiyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Af'idah Nadlilatul07010320003@student.uinsby.ac.id07010320003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmami, Khoirulmamikmujahid98@gmail.com2002117101
Subjects: Kepribadian
Muhammadiyah
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Kepribadian; Tafsir at-Tanwir; Muhammadiyah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Af'idah Nadlilatul Ummah
Date Deposited: 24 Jun 2024 04:01
Last Modified: 24 Jun 2024 04:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70801

Actions (login required)

View Item View Item