Peran KH. Achmad Alfatich Abdurrahim dalam pengembangan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Viyuna Selena (2024) Peran KH. Achmad Alfatich Abdurrahim dalam pengembangan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Viyuna Selena Putri_03040220107 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Viyuna Selena Putri_03040220107 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 June 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bagaimana pertumbuhan dan perkembangan Pondok Pesantren Bahrul Ulum dan pengasuhnya? 2) Bagaimana biografi KH. Achmad Alfatich Abdurrahim? 3) Apa strategi KH. Achmad Alfatich Abdurrahim dalam perkembangan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang?. Untuk menjawab masalah tersebut, penulis menggunakan metode sejarah sinkronik. Sedangkan untuk pendekatan, penulis menggunakan pendekatan sejarah untuk menggali informasi tentang sejarah pendiriannya, perkembangan, dan peran KH. Achmad Alfatich Abdurrahim dalam pondok pesantren tersebut. Dalam penelitian ini juga, teori yang digunakan adalah teori continuity and change yang dikemukakan oleh John Obert Voll dan teori kepemimpinan transformasional yang digagas oleh Bernard M. Bass. Dari penelitian yang telah dilakukan, skripsi dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) pondok pesantren bahrul ulum tambakberas didirikan pada tahun 1838 oleh KH. Abdul Salam. dalam perkembangan nya terjadi dalam 2 periode. 2) KH. Achmad Alfatich Abdurrahim merupakan salah satu pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas yang memiliki peran besar terhadap sistem pendidikan di madrasah. 3) Strategi KH. Achmad Alfatich Abdurrahim dalam mengembangkan sistem pendidikan di madrasah tidak dapat terpisah dari kurikulum Kementerian Agama, akan tetapi ia menambahkan kurikulum pondok sebagai sarana untuk mengaji para siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Viyuna Selenavionashelena29@gmail.com03040220107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWasid, Wasidwasid_2007@yahoo.co.id2118027401
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudi_adab@yahoo.com2006045901
Subjects: Adab
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: KH. Achmad Alfatich Abdurrahim; Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas; Peran
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Viyuna Selena Putri
Date Deposited: 25 Jun 2024 02:28
Last Modified: 25 Jun 2024 02:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70820

Actions (login required)

View Item View Item