Konsep pendidikan akhlak kepada sesama manusia dalam kitab al Akhlak lil Banin

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kahfi, Moh Tamlikho Al (2024) Konsep pendidikan akhlak kepada sesama manusia dalam kitab al Akhlak lil Banin. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh Tamlikho Al Kahfi_06040120091.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Moh Tamlikho Al Kahfi_06040120091_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 June 2027.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan akhlak menjadi hal yang sangat penting untuk dipelajari oleh setiap manusia demi menjadikan dirinya lebih memiliki budi pekerti yang baik. Dengan adanya pendidikan akhlak, segala sesuatu yang berhubungan dengan perubahan seperti tingkah laku, pola pikir, sikap serta tindakan manusia akan mengalami perubahan yang sangat pesat. Salah satu media pembelajaran dari kitab Al Akhlak lil Banin diantaranya kitab yang memiliki konsep pendidikan akhlak kepada sesama manusia diantaranya adalah kitab Al Akhlak lil Banin. Kitab ini menjelaskan macam-macam pendidikan akhlak yang bisa digunakan untuk membimbing peserta didik di setiap jenjang. Dengan cakupan isi cerita dan nasihat di dalam kitab tersebut untuk memudahkan pembaca agar lebih memahami dari perumpamaan cerita. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menjelaskan Pengertian Pendidikan Akhlak Kepada Sesama Manusia Menurut Kitab Al Akhlak Lil Banin. 2) Mendeskripsikan Epistimologi Pendidikan Akhlak Kepada Sesama Manusia Menurut Kitab Al Akhlak Lil Banin. 3) Menjabarkan Tujuan Pendidikan Akhlak Kepada Sesama Manusia Menurut Kitab Al Akhlak Lil Banin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif kajian dengan fokus pada analisis isi, bertujuan untuk memberikan makna dan membedah konsep pendidikan akhlak kepada sesama manusia. Kemudian disajikan dalam bentuk deskriptif analisis dan metode yang digunakan adalah metode kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkaan jawaban dari rumusan masalah yang telah tersedia bahwa konsep pendidikan akhlak kepada sesama manusia dalam kitab Al Akhlak lil Banin antara lain, 1) Pendidikan akhlak kepada sesama manusia yakni sikap antara manusia dengan orang lain. Dalam kehidupan, selain manusia berinteraksi dengan Tuhan, manusia juga berinteraksi dengan sesama makhluk sosial dimanapun dan kapanpun berada. 2) epistimologi pendidikan akhlak kepada sesama manusia meliputi akhlak kepada diri sendiri, akhlak kepada keluarga, dan akhlak kepada masyarakat. 3) tujuan utama dari pendidikan akhlak kepada sesama manusia adalah untuk mencetak seseorang senantiasa mempunyai budi pekerti, tingkah laku dan bisa menghargai setiap perbedaan berbangsa dan bernegara sesuai syariat agama Islam. Semua bentuk ibadah yang dijelaskan dalam Islam juga memiliki tujuan dan maksud yang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kahfi, Moh Tamlikho Altamlikhokahfi81@gmail.com06040120091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyamsudin, Syamsudinsyamsudinuinsby@gmail.com2012096702
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pendidikan; pendidikan akhlak kepada sesama manusia; kitab al Akhlak lil Banin
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh Tamlikho Al Kahfi
Date Deposited: 26 Jun 2024 01:58
Last Modified: 26 Jun 2024 01:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70848

Actions (login required)

View Item View Item