Pengukuran kinerja layanan ti pada surabaya single window alfa menggunakan metode it balanced scorecard

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wibowo, Raya Akbar Tiar (2024) Pengukuran kinerja layanan ti pada surabaya single window alfa menggunakan metode it balanced scorecard. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Raya Akbar Tiar Wibowo_0904620064 OK.pdf

Download (995kB)
[img] Text
Raya Akbar Tiar Wibowo_0904620064 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2027.

Download (4MB)

Abstract

Dalam era digital saat ini, masyarakat menuntut pelayanan publik yang responsif, efektif, dan efisien. Untuk memenuhi tuntutan tersebut, Pemerintah Kota Surabaya meluncurkan Surabaya Single Window (SSW) Alfa guna meningkatkan pelayanan perizinan dan non-perizinan secara terintegrasi. Namun, terdapat berbagai kendala seperti kesulitan pengguna dalam beradaptasi dengan sistem baru serta sering terjadi kesalahan (error). Pertanyaan utama yang diangkat adalah bagaimana cara mengukur dan mengevaluasi kinerja SSW Alfa sejak diluncurkan menggunakan metode IT Balanced Scorecard dan bagaimana mengidentifikasi kendala serta solusi untuk meningkatkan kinerjanya. Penelitian ini bertujuan mengukur kinerja layanan TI pada SSW Alfa dengan menggunakan metode IT Balanced Scorecard (IT BSC) serta memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan hasil pengukuran. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui kuisioner dan wawancara. Responden penelitian meliputi pengguna SSW Alfa dan karyawan Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kota Surabaya. Pengukuran kinerja dilakukan dari empat perspektif IT BSC kontribusi perusahaan, orientasi pelanggan, keunggulan operasional, dan orientasi masa depan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja SSW Alfa pada perspektif kontribusi perusahaan memperoleh skor 81,54%, perspektif orientasi pelanggan 73,35%, perspektif keunggulan operasional 88,12%, dan perspektif orientasi masa depan 83,13%. Meskipun ketiga perspektif menunjukkan hasil yang sangat baik, namun perspektif lainnya seperti orientasi pelanggan memerlukan peningkatan. Rekomendasi perbaikan meliputi layanan bantuan pengguna yang lebih komprehensif, tampilan yang menyesuaikan preferensi pengguna, memudahkan pengguna dalam menggunakan layanan, dan meningkatkan kepuasaan produk oleh pengguna. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan bagi DISKOMINFO dalam memperbaiki dan mengembangkan layanan SSW Alfa di masa mendatang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wibowo, Raya Akbar Tiarrayaakbarkabs601@gmail.com09040620064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIlham, Ilhamilham@uinsby.ac.id0708118003
Thesis advisorRidwan, Mujibmujibrw@uinsa.ac.id2027048602
Subjects: Teknologi
Keywords: IT Balanced Scorecard; SSW Alfa; Pengukuran Kinerja Layanan TI; Diskominfo; E-Goverment
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Raya Akbar Tiar Wibowo
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:09
Last Modified: 31 Jul 2024 02:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70873

Actions (login required)

View Item View Item