Pengorganisasian kelompok tani Marsudi Tani dalam upaya memperbaiki kerusakan lingkungan yang tercemar oleh sistem pertanian kimiawi di Dusun Prayungan Desa Cangakan Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Athfal, M. Ruf'ul (2023) Pengorganisasian kelompok tani Marsudi Tani dalam upaya memperbaiki kerusakan lingkungan yang tercemar oleh sistem pertanian kimiawi di Dusun Prayungan Desa Cangakan Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Ruf'ul Athfal_B52219050 OK.pdf

Download (426kB)
[img] Text
M. Ruf'ul Athfal_B52219050 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 June 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimanakah kondisi kerusakan lingkungan pada sektor pertanian di Dusun Prayungan?, 2) Bagaimana strategi pengorganisasian dalam upaya memperbaiki kerusakan lingkungan yang tercemar oleh sistem pertanian kimiawi di Dusun Prayungan?, 3) Bagaimana hasil dari proses pengorganisasian dalam upaya memperbaiki kerusakan lingkungan yang tercemar oleh sistem pertanian kimiawi di Dusun Prayungan?. Peneliti menjelaskan persoalan tersebut menggunakan metodologi Participatory Action Research (PAR). Dimulai dengan pemetaan awal, inkulturasi, penentuan agenda riset, pemetaan partisipatif, merumuskan masalah, menyusun strategi gerakan, pengorganisasian masyarakat, melancarkan aksi perubahan, membangun pusat belajar bagi masyarakat, refleksi dan meluaskan skala gerakan. Strategi efektif yang dilakukan oleh peneliti dalam hal memperbaiki kerusakan lingkungan akibat sistem pertanian yang rusak adalah dengan sosialisasi, edukasi, pelatihan, advokasi dan fasilitasu. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan proses pengorganisasian masyarakat yaitu 1) Tumbuhnya kesadaran dan tanggung jawab petani akan pelestarian lingkungan, 2) Terbentuknya kelompok tani menjadi penggerak dalam pelestarian lingkungan pertanian, 3) Terbentuknya kebijakan desa tentang program pelestarian lingkungan dengan sistem pertanian yang ramah lingkungan dan 4) Fasilitasi pembuatan pupuk alternatif untuk menunjang pelestarian lingkungan pertanian. Adapun indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: 1) Petani mulai menggunakan sistem pertanian yang ramah lingkungan, 2) Kelompok tani menjadi forum bagi para petani untuk menggerakkan pelestarian lingkungan di sektor pertanian, 3) Terbentuknya kebijakan desa yang mendukung tentang pelestarian lingkungan dengan pertanian yang sehat dan ramah lingkungan dan 4) Tersedianya sarana dan prasarana pupuk alternatif untuk menunjang pelestarian lingkungan pertanian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Athfal, M. Ruf'ulmrufulathfa@gmail.comB52219050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAffandi, Agusagusafandi66@gmail.com2006116602
Subjects: Dakwah
Masyarakat
Pengabdian Masyarakat
Sumber Daya Manusia
Keywords: Kerusakan Lingkungan; Pertanian Kimiawi; Pertanian Ramah Lingkungan; Komunitas
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: M. Ruf'ul Athfal
Date Deposited: 27 Jun 2024 14:32
Last Modified: 27 Jun 2024 14:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70886

Actions (login required)

View Item View Item