Diskursif moderasi beragama dalam stand-up comedy Indonesia: kajian analisis wacana kritis "Bahaya Beda Agama" Boris Bokir pada konten somasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Magfira, Aldina Tarikanita (2024) Diskursif moderasi beragama dalam stand-up comedy Indonesia: kajian analisis wacana kritis "Bahaya Beda Agama" Boris Bokir pada konten somasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aldina Tarikanita Magfira_03020420018 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Aldina Tarikanita Magfira_03020420018 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 June 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada stand-up comedy Boris Bokir yang menggunakan perbendaharaan kata seperti makna, istilah, atau metafora dengan ketentuan mengarah pada permasalahan beragama. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bagaimana bentuk wacana moderasi beragama yang dimunculkan seorang komedian Boris Bokir dalam stand-up comedy. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana representasi moderasi beragama pada materi stand-up comedy Boris Bokir pada konten somasi Deddy Corbuzier Podcast? (2) Bagaimana Praktik diskursif pada materi stand-up comedy Boris Bokir? (3) Bagaimana praktik sosiokultural pada materi stand-up comedy Boris Bokir? Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan teori analisis wacana kritis menurut Norman Fairclough, dikarenakan untuk menganalisis bentuk wacana moderasi beragama yang tersembunyi dalam praktik penggunaan bahasa dalam stand-up comedy Boris Bokir. Hasil studi menunjukkan bahwa materi stand-up comedy Boris Bokir ditekankan pada permasalahan perbedaan agama yang ada di Indonesia serta cara memahami ketidakberesan sosial yang terjadi. Pada analisis teks ditemukan tentang permasalahan dalam perbedaan beragama disebabkan karena pemahaman beragama di masyarakat masih kurang, sehingga menyebabkan permasalahan yang berkelanjutan. Selanjutnya pada analisis praktik diskursif, Boris Bokir sengaja menunjukkan permasalahan perbedaan beragama pada konten somasi dikarenakan sesuai dengan tujuan konten somasi yakni mengungkap realita kehidupan melalui komedi. Dilanjutkan pada analisis praktik sosiokultural, situasional pada saat teks dimunculkan bertepatan dengan masa pemulihan dari pandemi covid-19, sehingga menimbulkan beberapa perselisihan tentang pembatasan kegiatan keagamaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Magfira, Aldina Tarikanitadinakanyta402@gmail.com03020420018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamid, Mas'anmasanhamid@uinsby.ac.id2012125502
Thesis advisorSeptiyani, Rizki EndiRIZKIENDISEPT@UINSBY.AC.ID2021098805
Subjects: Agama
Islam dan Humanisme
Sastra
Toleransi
Keywords: stand-up comedy; Norman Fairclough; wacana; moderasi beragama
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Aldina Tarikanita Magfira
Date Deposited: 27 Jun 2024 08:00
Last Modified: 27 Jun 2024 08:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70902

Actions (login required)

View Item View Item