Dari preman ke kepala desa: studi tentang dominasi mantan preman dalam tata kelola pemerintah Desa Kendangdukuh

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musyafa’, Muhammad Iklil (2024) Dari preman ke kepala desa: studi tentang dominasi mantan preman dalam tata kelola pemerintah Desa Kendangdukuh. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Iklil Musyafa_07020420013 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Iklil Musyafa_07020420013 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 June 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya kepala desa yang memiliki background sebagai preman dan sudah memimpin selama tiga periode. Penelitian ini fokus pada dominasi mantan preman dalam tata kelola pemerintah desa dan bagaimana kepala desa tersebut mengelola aktor-aktor yang ada di desa. Pengalaman sebagai seorang preman menjadikan desa Kendangdukuh mengalami perubahan yang sangat signifikan terutama dalam sektor keamanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dominasi mantan preman dalam tata kelola pemerintah Kendangdukuh serta bagaimana kepala desa tersebut mengelola aktor-aktor yang ada di desa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori dominasi sosial dan konsep local strongman. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, dominasi kepala desa terlihat dalam dua aspek, yaitu dominasi pada masyarakat dan dominasi pada hierarki pemerintahan di atasnya. Background kepala desa sebagai preman mengakibatkan masyarakat tunduk dan takut kepada kepala desa dengan harapan aspek keamanan tidak terganggu selama periode kepemimpinan kepala desa tersebut. Dominasi kepala desa juga terlihat pada relasi kepala desa dengan Camat dan institusi kepolisian untuk mengamankan masyarakat yang terlibat tindakan kriminal. Kedua, kepala desa mengelola aktor-aktor di desa, antara lain dengan cara memberikan fasilitas dan merangkul tokoh masyarakat, tokoh agama, dan pemuda yang ada di desa seperti memfasilitasi semua kegiatan yang dilakukan oleh aktor-aktor desa. Kepala desa juga menempatkan jaringan preman di masa lalu sebagai aparat pemerintah desa dengan tujuan agar aspek keamanan bisa lebih kondusif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musyafa’, Muhammad Ikliliklilmusyafa@gmail.com07020420013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBariroh, Laililbariroh.20@gmail.com2003117702
Subjects: Kepala Sekolah
Politik
Kepemimpinan
Keywords: Preman; Kepala Desa; Dominasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Politik Islam
Depositing User: Muhamad Iklil Musyafa
Date Deposited: 28 Jun 2024 01:39
Last Modified: 28 Jun 2024 01:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70908

Actions (login required)

View Item View Item