Perancangan pusat kebudayaan Mojokerto "Sandyakala Majapahit" dengan pendekatan critical regionalism

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurhamidah, Putri Nabila (2024) Perancangan pusat kebudayaan Mojokerto "Sandyakala Majapahit" dengan pendekatan critical regionalism. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Nabila Nurhamidah_09040320066 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Putri Nabila Nurhamidah_09040320066 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 September 2027.

Download (1MB)

Abstract

Kerajaan Majapahit adalah tonggak awal berdirinya wilayah Indonesia yang ditandai dengan Sumpah Palapa oleh Patih Gajah Mada pada tahun 1331 atau pada saat masa kejayaanny. Masa kejayaan kerajaan Majapahit ditandai dengan banyak ditemukan barang peninggalan yag diyakini berasal dari Kerajaan Majapahit. Peninggalan yang ditemukan yaitu candi-candi, arca, peralatan terakota, dan ditemukan sistem pengairan pada bawah tanah di Trowulan. Pada era globalisasi, gaya hidup masayarakat mengalami tranformasi secara cepat menuju modernitas yang menyebabkan kecenderungan masyarakat untuk beralih ke kebudayaan asing yang dianggap lebih praktis dibandingkan dengan nilai-nilai budaya lokal. Adanya peralihan ke kebudayaan asing menyebabkan kurangnya minat masayarakat untuk mempelajari dan mewariskan budaya lokal terutama budaya dari zaman Kerajaan Majapahit. Mojokerto sebagai bagian dari sejarah Kerajaan Majapahit memiliki potensi untuk mengembangkan budaya-budaya dari zaman Majapahit. Perancangan pusat kebudayaan “Sandyakala Majapahit” dengan pendekatan critical regionalism bertujuan dapat menjadi sarana pelesataraian warisan budaya dan sarana edukasi yang modern guna menarik minat dan meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap nilai-nilai budaya. Sehingga warisan budaya tidak akan terkikis seiring perkembangan zaman modern. Konsep perancangan menggunakan pendekatan Critical Regionalism adalah sebuah pendekatan arsitektur untuk menghargai nilai-nilai yang sudah ada terlebih dahulu, termasuk alam dan kearifan lokal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurhamidah, Putri Nabilapn.nurhamidah@gmail.com09040320066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorErnawati, Ritarita_ernawati@uinsby.ac.id2003088003
Thesis advisorWidiastuti, Mega Ayundyamegaayundya@uinsby.ac.id2010038701
Subjects: Arsitektur
Kebudayaan
Bahan Pustaka > Pelestarian
Pelestarian
Keywords: Pusat kebudayaan; Mojokerto; critical regionalism
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Putri Nabila Nurhamidah
Date Deposited: 23 Sep 2024 07:44
Last Modified: 23 Sep 2024 07:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70947

Actions (login required)

View Item View Item