Revitalisasi AJBS Home Center Surabaya dengan pendekatan arsitektur indische

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabilah, Diandra Tsabitha (2024) Revitalisasi AJBS Home Center Surabaya dengan pendekatan arsitektur indische. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diandra Tsabitha Salsabilah_09020320024.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Diandra Tsabitha Salsabilah_09020320024_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 July 2027.

Download (4MB)

Abstract

AJBS Home Center merupakan kawasan yang memiliki bangunan cagar budaya yang berada di Kota Surabaya. Sebagai pusat perbelanjaan isi rumah, AJBS mengalami pasang surut penjualan. Penurunan penjualan AJBS Home Center mempengaruhi kondisi keuangan AJBS Group hingga kemungkinan dapat mengakibatkan kebangkrutan. Kelestarian bangunan cagar budaya AJBS berhubungan dengan AJBS Group, apabila AJBS Group mengalami kebangkrutan maka kemungkinan terburuk bangunan cagar budaya AJBS akan terbengkalai. Oleh karena itu, diperlukan revitalisasi untuk menghidupkan kembali AJBS Home Center Surabaya melalui tata letak dan suasana baru dengan pendekatan Arsitektur Indische. Pendekatan Arsitektur Indische dipilih karena sesuai dengan langgam arsitektur bangunan cagar budaya yang ada di AJBS Home Center, selain itu, masyarakat Surabaya memiliki minat wisata yang tinggi untuk mengunjungi dan menikmati bangunan tua. Rancangan baru yang dihadirkan di antaranya; perubahan tata letak pada site, penambahan bangunan baru, penambahan taman tengah sebagai area komunal, dan perbaikan alur sirkulasi dengan membedakan antara entrance dan exit. Adapun suasana arsitektur Indische yang dihadirkan antara lain; terdapat taman tengah dengan fountain dan pilar bergaya doric di dalamnya untuk menghadirkan kesan arsitektur indische dan daya tarik tersendiri. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati sensasi cafe yang berada di serambi hall yang terhubung langsung dengan taman tengah. Cafe bergaya arsitektur indische yang didukung dengan taman tengah beserta fountain dan pilar bergaya doric dinilai mampu meningkatkan minat masyarakat Surabaya berkunjung ke AJBS Home Center, hal tersebut disebabkan pengunjung akan mendapatkan sensasi yang berbeda dari pusat perbelanjaan kebutuhan rumah yang lain yakni tidak hanya berbelanja tetapi pengunjung juga dapat menikmati keindahan dari arsitektur indische.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabilah, Diandra Tsabithadiandratsal@gmail.com09020320024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHapsari, Oktavi Elokoktagaudielok@gmail.com2004108501
Thesis advisorParmo, Parmoparmo_99@uinsa.ac.id2024028201
Subjects: Arsitektur
Keywords: Pendekatan arsitektur indische; bangunan cagar budaya; home center
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Diandra Tsabitha Salsabilah
Date Deposited: 28 Jun 2024 05:03
Last Modified: 28 Jun 2024 05:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70948

Actions (login required)

View Item View Item