Kesalahan sintaksis pada lembar praktik tulis pelajar BIPA KBRI Kopenhagen Denmark

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadiya, Nur Iqnatul (2024) Kesalahan sintaksis pada lembar praktik tulis pelajar BIPA KBRI Kopenhagen Denmark. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Iqnatul Nadiya_0304042058.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nur Iqnatul Nadiya_0304042058_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari peneilitian ini adalah untuk memaparkan bentuk kesalahan sintaksis bentuk frasa dan bentuk kalimat yang ada pada lembar praktik tulis pelajar BIPA KBRI Kopenhagen. Teori yang digunakan pada penelitian ini berupa teori kesalahan berbahasa tataran sintaksis yang dikemukakan oleh Nanik Setyawati (2010) hasil pengembangan dari pendapat yang dikemukakan oleh Tarigan (1997). Metode penelitian yang digunakan berupa metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa netnografi, membaca, dan mencatat setiap kesalahan berbahasa. dan memberi kode setiap kesalahan berbahasa yang terdapat dalam lembar praktik tulis pelajar BIPA KBRI Kopenhagen baik dari bentuk frasa maupun kalimat. Hasil penelitian menjelaskan bahwa adanya kesalahan berbahasa sintaksis pada lembar praktik tulis pelajar BIPA KBRI Kopenhagen. Kesalahan dikategorikan menjadi dua bagian yakni bentuk frasa dan bentuk kalimat. Kesalahan berbahasa bentuk frasa ditemukan sebanyak 21 data sedangkan kesalahan berbahasa bentuk kalimat sebanyak 45 data. Secara keseluruhan kesalahan berbahasa yang paling dominan sering terjadi adalah kesalahan berbahasa penggunaan campuran istilah asing dalam satu kalimat. Hal itu dipengaruhi adanya pelajar BIPA yang secara spontan menggunakan bahasa pertama dalam proses pembelajaran bahasa kedua

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadiya, Nur Iqnatulnuriqnatulnadiya@gmail.com03040420058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRumilah, Sitisitirumilah@gmail.com2012077601
Subjects: Bahasa Indonesia
Keywords: BIPA; kesalahan berbahasa; sintaksis
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: nur iqnatul nadiya
Date Deposited: 28 Jun 2024 05:21
Last Modified: 28 Jun 2024 05:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70953

Actions (login required)

View Item View Item