Pembelajaran perkembangbiakan tumbuhan dengan gamifikasi life point dan marker-based augmented reality

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bakti, Satria Wira (2024) Pembelajaran perkembangbiakan tumbuhan dengan gamifikasi life point dan marker-based augmented reality. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Satria Wira Bakti_09040620066.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Satria Wira Bakti_09040620066_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 July 2027.

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan di era digital membutuhkan inovasi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang dianggap sulit seperti materi perkembangbiakan tumbuhan di sekolah dasar. Penelitian ini mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) dengan menerapkan gamifikasi untuk membantu siswa memahami materi perkembangbiakan tumbuhan secara lebih interaktif dan menarik. Aplikasi ini menggunakan teknologi marker-based AR yang memungkinkan pengguna untuk melihat objek 3D dan informasi tambahan dengan memindai marker khusus. Selain itu, elemen gamifikasi berupa kuis dengan life-points yang ditambahkan untuk membangun motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat diterima dengan baik oleh siswa, dengan skor kepuasan mencapain 90,53%. Evaluasi ahli media memberikan penilaian sangat baik dengan skor akhir 87,33%. Pengujian terhadap pemahaman siswa menunjukkan peningkatan yang cukup signifikian, di mana rerata nilai post-test meningkat dari 68,53 menjadi 85,07 dengan n-gain score 0,59 atau 58,58%. Kesimpulannya, penggunaan aplikasi pembelajaran berbasis AR cukup efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi perkembangbiakan tumbuhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bakti, Satria Wirawirabkti@gmail.com09040620066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRidwan, Mujibmujibrw@uinsby.ac.id2027048602
Thesis advisorNooriansyah, Subhansubhan.nooriansyah@uinsby.ac.id2028129005
Subjects: Biologi
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Augmented reality; gamifikasi; perkembangbiakan tumbuhan; pembelajaran interaktif; Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Satria Wira Bakti
Date Deposited: 01 Jul 2024 05:58
Last Modified: 01 Jul 2024 05:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70962

Actions (login required)

View Item View Item