Fenomena postpartum depression dalam al-Qur’an: studi tentang pola asuh

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maryam, Iffah Najmi (2024) Fenomena postpartum depression dalam al-Qur’an: studi tentang pola asuh. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iffah Najmi Maryam_07040320123 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 June 2027.

Download (925kB)
[img] Text
Iffah Najmi Maryam_07040320123.pdf

Download (1MB)

Abstract

Postpartum depression merupakan keadaan lanjutan dari kondisi ibu pasca persalinan yang mengalami baby blues. Baby blues lumrah terjadi pada ibu pasca persalinan karena penurunan hormon yang sangat tajam sehingga perubahan emosi atau mood sangat signifikan di rasakan oleh ibu. Disebutkan dalam al￾Qur’an di surat Al-Baqarah ayat 233 perintah untuk lebih memperhatikan ibu pasca melahirkan, dikarenakan kondisi ini sangatlah rapuh bagi seorang ibu, karena perjuangan melahirkan tidaklah mudah dengan mempertaruhkan nyawa nya. Dalam penggalan arti, “Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma'ruf” disebutkan bahwa tanggung jawab seorang ayah untuk memberi makan dan pakaian kepada sang ibu dengan cara yang baik karena anak itu membawa nama ayahnya. Maka sudah sepantasnya kewajiban ini dilaksanakan secara ma’ruf. Namun hingga saat ini masih banyak orang tua yang belum benar-benar mengerti dan faham bagaimana cara pola asuh yang benar seperti yang sudah di contohkan dalam al-Qur’an hingga akhirnya menyebabkan ketimpangan dalam proses pola asuh yang mana rata-rata dibebankan terhadap ibu saja. Maka muncul pertanyaan bagaimana al-Qur’an menjawab fenomena postpartum depression dan bagaimana sesungguhnya penerapan pola asuh yang baik agar supaya seorang ibu tidak sampai mengalami postpartum depression. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan bersifat kepustakaan dengan mengeksplorasi ayat-ayat tentang postpartum depression dan pola asuh. Dan menggunakan pendekatan tafsir maudhu’i yakni menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an sesuai dengan tema yang di kaji. Al-Qur’an memberikan pandangan tentang kondisi emosional dan berbagai emosi negatif yang sangat mungkin untuk dirasakan oleh seorang ibu pasca melahirkan. Al￾Qur’an juga menyoroti tentang pentingnya memberikan kasih sayang, perhatian dan dukungan dalam menjaga kesehatan mental ibu pasca melahirkan. Ayat-ayat yang menjelaskan tentang pengasuhan baik segi pendidikan, keimanan, akhlak dan adab ternyata di sampaikan oleh sosok ayah. Hal ini menunjukkan bahwa dalam proses pengasuhan sosok ayahlah yang bertanggung jawab untuk memberikan pembelajaran kepada anak. Dalam proses pengasuhan ini apabila tercipta keseimbangan antara peran ayah dan ibu maka dapat mencegah terjadinya postpartum depression pada sang ibu. Implementasi pola asuh yang adil dan sesuai dengan nilai-nilai al-Qur'an inilah yang dapat berperan penting dalam mengurangi risiko terjadinya postpartum depression.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maryam, Iffah Najmi07040320123@student.uinsby.ac.id07040320123
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuzammil, Iffahiffahmuzammil@uinsa.ac.id196907132000032001
Subjects: Agama
Anak
Al Qur'an
Keywords: Al-Qur’an; pola asuh; postpartum depression
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Iffah Najmi Nahja
Date Deposited: 28 Jun 2024 08:57
Last Modified: 28 Jun 2024 08:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70975

Actions (login required)

View Item View Item