شخصيّة الأشخاص الرئيسيّة في رواية "حمامة سلام" لنجيب الكيلاني : دراسة الأدب النفسي عند سيغموند فرويد

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tenanda, Tessa (2024) شخصيّة الأشخاص الرئيسيّة في رواية "حمامة سلام" لنجيب الكيلاني : دراسة الأدب النفسي عند سيغموند فرويد. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tessa Tenanda_03040120108 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 June 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Tessa Tenanda_03040120108.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kepribadian merupakan salah satu kajian psikologi sastra yang berhubungan dengan kondisi kejiwaan tokoh yang terdapat dalam karya sastra. Salah satu bentuk karya sastra yang paling banyak diminati adalah novel, penulis memilih objek penelitian berupa novel yang berjudul “hamamah salam” karya Najib Al-Kailani yang menggambarkan kejiwaan para tokoh dengan berbagai kepribadian yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepribadian tokoh utama dalam novel “hamamah salam” karya Najib Al-Kailani menggunakan teori Sigmund Freud. Penelitian menggunakan metode Kualitatif Deskriptif. Data-data yang diperoleh didapat dari hasil analisis teks dalam novel “hamamah salam” kemudian diklarifikasikan sesuai dengan permasalahan yang ada dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Dalam novel ini terdapat dua tokoh utama yakni Abdul Wadud dan Sakinah. Kepribadian tokoh Abdul dikuasai oleh id yang mana dorongan sistem id lebih menjurus pada hal-hal negatif. Sedangkan Kepribadian tokoh Sakinah dikuasai oleh sistem ego yang mana dorongan sistem ego lebih menjurus pada hal-hal positif. (2) Dinamika kepribadian tokoh utama Abdul Wadud dan Sakinah, dalam novel “hamamah salam” karya Najib Al-Kailani menurut kajian psikologis dengan teori psikoanalisis Sigmund Freud, memperlihatkan bahwa insting kehidupan dan kematian muncul dalam diri Abdul Wadud dan juga Sakinah selain itu terdapat pula kecemasan berupa kecemasan realistik, kecemasan moral, dan kecemasan neurotik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tenanda, Tessatenanda03@gmail.com03040120108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Mirwan Akhmadmirwan_at@yahoo.com2014038501
Thesis advisorSodikin, Sodikinsodikinalwi@uinsby.ac.id0028117206
Subjects: Kepribadian
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Kepribadian; Sigmund Freud; hamamah salam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Tessa Tenanda
Date Deposited: 28 Jun 2024 09:12
Last Modified: 28 Jun 2024 09:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70987

Actions (login required)

View Item View Item