Peran orang tua dalam tumbuh kembang janin prespektif al Quran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratiwi, Rohmania Citra Ayu (2024) Peran orang tua dalam tumbuh kembang janin prespektif al Quran. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rohmania Citra Ayu Pratiwi_07040320141.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Rohmania Citra Ayu Pratiwi_07040320141_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada dekade terakhir data BPS menyebutkan bahwa permasalahan stunting terus meningkat, sehingga kesadaran akan pentingnya fase kehamilan sebagai fondasi yang krusial dalam pembentukan individu dan masyarakat yang berkualitas harus ditingkatkan. Dilain sisi stunting juga bisa di atasi melalui peran orang tua dalam membantu tumbuh kembang anak sejak dalam rahim. Tujuannya agar ketika anak lahir tumbuh dan berkembang bisa menjadi generasi unggul yang berguna bagi bangsa dan negara. Permasalahan yang di teliti adalah 1) Bagaimana penafsiran ayat-ayat tentang peran orang tua dalam tumbuh kembang janin dalam kandungan perpektif Al-Qur’an? 2) Bagaimana konsep peran orang tua dalam tumbuh kembang janin dalam kandungan perpektif Al-Qur’an? Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui ayat-ayat tentang peran orang tua dalam tumbuh kembang janin dalam kandungan perpektif Al-Qur’an dan peran orang tua dalam tumbuh kembang janin dalam kandungan perpektif Al-Qur’an. Dalam menjawab masalah tersebut maka penelitian ini menggunakan penelitian bersifat kepustakaan (Library Research), menggunakan metode deskriptif dan analisis yaitu menjabarkan ayat-ayat tentang peran orang tua dalam tumbuh kembang janin dalam kandungan prespektif Al-Qur’an dan peranan orang tua dalam tumbuh kembang janin dalam kandungan prespektif Al-Qur’an, lalu di jawab sehingga menjadi sebuah jawaban atas pertanyaan ini. Kesimpulan atas penelitian ini ditemukan bahwa dalam ayat-ayat Al-Qur‘an yang membahas tentang tumbuh kembang janin berdasarkan konsep embriologi dalam kandungan menurut Al-Quran terdapat pada surat Al-Mukminun (23:12-14), Al-Hajj (22:5), As-Sajdah (32:9), Al-Baqarah (2:223) dan Ali-Imron (3:22-27) alam kitab tafsir Al-Azar, Al-Misbah, Al-Munir dan Tafsir Kemenag. Menjelaskan bahwa manusia berasal dari proses penciptaan manuasia yang terbuat dari tanah liat. Selain itu proses tumbuh dan berkembang manusia bergantung pada zat yang hidup dan di hidupi oleh tanah liat, berupa zat hewani dan nabati. Selanjutnya terdapat tiga konsep peran orang tua terhadap tumbuh kembang janin prespektif Al-Qur’an. Pertama, surat Al-Mukminun 12-14, dan Al-Hajj 5, As-Sajdah, dan Al-Baqarah memenuhi tumbuh kembang dan kebutuhan fisiologi ibu dan janin dengan memberikan nutrisi yang baik selama masa kehamilan. Pemberian nutrisi yang baik dan sehat yang berasal dari zat hewani dan nabati. Kedua, Surat Al-Baqarah menjelaskan peran orang tua dalam memenuhi kebutuhan psikologi untuk mendukung kehamilan memberikan rasa kenyamanan dan keamanan. Ketiga, Parenting sangat dibutuhkan dalam membentuk karakter dan kualitas anak sejak konsepsi, dengan menanamkan harapan yang dijelasakan dalam Ali-Imron.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratiwi, Rohmania Citra Ayurohmania.cietra@gmail.com07040320141
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmami, Khoirulk.umami@uinsby.ac.id0001614
Subjects: Anak
Embrio > Embriologi Manusia
Kesehatan
Kesehatan
Keywords: Peran orang tua; anak; kehamilan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: S.Sos Rohmania Citra Ayu Pratiwi
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:30
Last Modified: 02 Jul 2024 07:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70988

Actions (login required)

View Item View Item