Penanaman nilai-nilai keislaman pada program Sekolahe Arek Suroboyo (SAS) di SDN Simokerto I Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zanjabila, Muhammad Rizal (2024) Penanaman nilai-nilai keislaman pada program Sekolahe Arek Suroboyo (SAS) di SDN Simokerto I Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rizal Zanjabila_06020120042 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Rizal Zanjabila_06020120042.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang topik permasalahan menengenai Penanaman Nilai-Nilai Keislaman Pada Program Sekolahe Arek Suroboyo (SAS) di SDN Simokerto I Surabaya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya program sekolah yang dirancang oleh pemkot Surabaya, program ini dirancang sebagai tindak lanjut adanya Kurikulum Merdeka dan Projek Pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana desain dari Program Sekolahe Arek Suroboyo (SAS), proses penanaman Nilai-Nilai Keislaman Pada Program Sekolahe Arek Suroboyo (SAS), dan dampak dari penanaman Nilai-Nilai Keislaman Pada Program Sekolahe Arek Suroboyo (SAS) di SDN Simokerto I Surabaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus, karena dilakukan dengan pendekatan fenomena yang terjadi di lapangan serta didukung dengan pendapat atau pemikiran para ahli. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kualitatif karena hasil dari penelitian berupa tulisan deskriptif yang mengintepretasikan peristiwa yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti antara lain, wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data melalui kondensasi data, penyajian data, validasi data dan dikuat dengan triangulasi. Hasil dari penelitian ini memberikan fakta bahwasannya desain dari program Sekolahe AREK Suroboyo (SAS) dimulai dari Program kegiatan pagi dan siang hari. Kegiatan pagi hari meliputi pembelajaran di kelas yang meliputi kegiatan intrakurikuler dengan jadwal terjadwal untuk mencapai target Capaian Pembelajaran (CP) dan kegiatan Proyek Profil Pelajar Pancasila di kelas. Selanjutnya kegiatan pada siang hari atau kegiatan setelah pembelajaran, meliputi kegiatan ekstrakurikuler yang merupakan kegiatan terjadwal untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa. Kegiatan siang hari berIkutnya bisa dilaksanakan melalui kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila di luar kelas ataupun di luar sekolah. Kegiatan Sekolahe AREK Suroboyo (SAS) ini dilakukan secara kondisonal masing- masing sekolah selama 2 jam atau 120 menit. Proses penanaman nilai-nilai keislaman pada program sekolahe arek suroboyo (SAS), diantaranya pembiasaan-pembiasaan sebelum dimulainya Pelajaran, seperti contoh ialah membaca doa, membaca surat-surat pendek juz 30, dan membaca asmaul husnah, itu dilakukan pada pagi hari ketika anak-anak baru masuk kelas dan bersiap untuk menerima Pelajaran. Dan dampak dari penanaman nilai-nilai keislaman pada program sekolahe arek suroboyo (SAS) ialah, dengan adanya program tersebut menjadikan para siswa lebih mengenal dan memahami Pendidikan agama islam, juga akhlaq atau karakter mereka menjadi semakin baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zanjabila, Muhammad Rizalrizal.zanjbil19@gmail.com06020120042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZakariyah, Zakariyahriyah.zaka@gmail.com2011026801
Thesis advisorNasihuddin, Mnasihuddin245@gmail.com2024116701
Subjects: Akhlak
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pengajaran
Keywords: Nilai keislaman; Sekolahe Arek Suroboyo (SAS)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Rizal Zanjabila
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:13
Last Modified: 03 Jul 2024 07:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71029

Actions (login required)

View Item View Item