Analisis peran (CSR) terhadap kesejahteraan masyarakat perspektif maqashid syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aziz, Fahath Haikal (2023) Analisis peran (CSR) terhadap kesejahteraan masyarakat perspektif maqashid syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fahath Haikal Aziz_G94218170_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 July 2027.

Download (5MB)
[img] Text
Fahath Haikal Aziz_G94218170.pdf

Download (6MB)

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan tanggung jawab sosial yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk memberi kontribusi kepada masyarakat terutama yang berada di wilayah ring-1. Pelaksanaan CSR menurut hukum Islam sesuai dengan tujuan syariat Islam bahwa tidak hanya mencari keuntungan, tetapi menciptakan kemaslahatan. Hal ini sesuai dengan konsep “triple bottom line” dari prinsip CSR yaitu keuntungan (profit), menjaga kelestarian alam (planet), dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat (people). Program CSR ini memberikan berbagai program pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. HM Sampoerna dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Gunting Kec. Sukorejo Kab. Pasuruan dan CSR terhadap kesejahteraan masyarakat perspektif Maqashid Syariah. Penelitian ini digolongkan kedalam penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti dalam pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan secara langsung di lokasi penelitian. Teknik pengolahan data dilakukan dengan editing, klasifikasi, verivikasi, dan kesimpulan. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verivikasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa program CSR Sampoerna berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat. Hal ini dilihat dari program yang diberikan berupa fasilitas SETC sebagai sarana pelatihan UKM, bantuan BUMDESa Gunting dalam budidaya maggot, bantuan pendidikan, pendampingan Alam Batik, lapangan pekerjaan untuk wilayah ring-1, bantuan langsung tunai, dan kegiatan-kegiatan sosial. Program yang dilakukan telah memenuhi indikator kesejahteraan masyarakat yang menunjukan bahwa masyarakat Desa Gunting tergolong keluarga sejahtera-II. Hasil dari Program CSR di Desa Gunting bila ditinjau dari Maqashid Syariah telah memenuhi 4 tujuan syara’ yaitu dari Hifdz al-Nafs (pemeliharaan jiwa), Hifdz al-Aql (pemeliharaan akal), Hifdz al-Nasl (pemeliharaan keturunan), dan Hifdz al-Mal (pemeliharaan harta). Dengan adanya penelitian ini diharapkan perusahaan Sampoerna untuk terus melakukan evaluasi kinerja dan mempertahankan program CSR di Desa Gunting agar mendapatkan respon yang baik dari masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aziz, Fahath Haikalfahathhaikal07@gmail.comG94218170
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Aliaaarifin07@gmail.com2014126201
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR); kesejahteraan masyarakat; maqashid syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fahath Haikal Aziz
Date Deposited: 02 Jul 2024 06:52
Last Modified: 02 Jul 2024 06:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71042

Actions (login required)

View Item View Item