Pengembangan modul ajar pembelajaran matematika model STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Analisis data

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Devi, Nila Kartika (2024) Pengembangan modul ajar pembelajaran matematika model STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Analisis data. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nila Kartika Devi_D74217059.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Nila Kartika Devi_D74217059_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 July 2027.

Download (7MB)

Abstract

STEM telah menjadi pendekatan pembelajaran yang digunakan untuk mengatasi tantangan dalam pencapaian hasil belajar. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini, modul pembelajaran model STEM dikembangkan guna meningkatkan hasil belajar peserta didik. Selain itu, dikembangkan juga modul ajar yang di dalamnya terdapat LKPD. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan proses, validitas, kepraktisan, efektivitas modul pembelajaran berbasis STEM dan menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini mengadopsi model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan. Objek penelitian ini terdiri dari 32 peserta didik kelas VII E di SMP Nusantara. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi pencatatan lapangan untuk mendokumentasikan proses pengembangan modul pembelajaran, teknik validasi untuk mengukur tingkat validitas, teknik kepraktisan untuk menilai tingkat kemudahan penggunaan, sedangkan observasi, dan angket respons sebagai alat untuk mengukur keefektifan modul pembelajaran, serta teknik tes untuk memperoleh hasil sebelum dan sesudah pembelajaran guna melihat peningkatan belajar peserta didik. Hasil analisis tersebut diperoleh: (1) Proses pengembangan modul ajar dimulai dengan tahap analisis yang memperoleh data kurikulum, dan metode pembelajaran. Pada tahap perencanaan, modul pembelajaran mulai disusun untuk tiga kali pertemuan dengan total alokasi waktu 5×40 menit yang berfokus pada materi penyajian data. Tahap pengembangan, modul ajar mulai dikembangkan dengan bantuan Microsoft Word 2016 dan Canva, kemudian divalidasi dan diperbaiki sesuai saran validator. Tahap penerapan, modul ajar diterapkan dalam pembelajaran matematika di kelas VII E SMP Nusantara selama tiga pertemuan. Pada tahap akhir, tahap evaluasi peneliti mendapatkan hasil belajar peserta didik setelah melakukan pembelajaran model STEM. (2) Modul ajar diberi predikat yang sangat valid dengan rata-rata total validasi sebesar 4,5. (3) Modul ajar meraih predikat praktis dengan kategori A sehingga modul tersebut dapat digunakan tanpa revisi. (4) Penggunaan modul ajar telah terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. (5) Modul ajar terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dilihat dari peningkatan hasil pretest dan posttest yang berada pada kategori sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Devi, Nila Kartikanilad0508@gmail.comD74217059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: STEM; hasil belajar; modul ajar; pengembangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nila Devi
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:25
Last Modified: 02 Jul 2024 07:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71057

Actions (login required)

View Item View Item