Broker politik perempuan di dusun kebonagung kabupaten tuban pada pemilihan kepala daerah 2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alim, Khoirul (2024) Broker politik perempuan di dusun kebonagung kabupaten tuban pada pemilihan kepala daerah 2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirul Alim_10010120010 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Khoirul Alim_10010120010.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari Broker Politik Perempuan di Dusun Kebonagung Kabupaten Tuban dalam Pemilihan Kepala Daerah 2020. Broker politik merupakan orang yang diberi mandat menyampaikan pesan untuk memilih kandidat yang diusung oleh broker politik, pemilih akan menerima uang atau barang sesuai dengan apa yang dijanjikan ketika memilih kandidat yang diusung broker politik. Hal ini menjadi topik menarik mengingat para broker politik dari kalangan perempuan, selain itu juga penelitian yang berfokus pada broker politik perempuan di lingkup dusun juga masih sedikit. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan dilakukandengancarapurposivesampling.Prosesanalisisdatameliputi kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Triangulasi digunakan dalam proses pemvalidasian data yang meliputi triangulasi sumber,triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Teori yang digunakan untuk menjelaskan fenomena di atas adalah teori broker politik yang dikemukan oleh Edward Aspinall. Hasil penelitian ini ditemukan adanya tiga jenis broker politik yang dikemukaan oleh Aspinall yaitu broker aktivis,broker klientelis,dan broker opportunis berada dalam broker politik perempuan. Dalam tim pemenagan di Dusun Kebonagung ditemukan adanya jenis broker campuran antara broker aktivis dan broker oppotunis. Dapat dilihat juga dari hasil penelitian kebanyakan Memporak-porandakan dikategorikan kedalam jenis broker khusus melaikan masuk pada jenis broker aktivis dan broker opportunis yang dikemukan oleh Aspinall.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alim, Khoirulalimkhoirul1739@gmail.com10010120010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRolis, Moh. Ilyasilyasrolis@gmail.com2018047701
Subjects: Politik
Demokrasi
Keywords: Broker politik; perempuan; pemilihan kepala daerah
Depositing User: Khoirul Alim
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:53
Last Modified: 03 Jul 2024 07:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71091

Actions (login required)

View Item View Item