Pengembangan media interaktif kipas “kiblat ilmu pengetahuan alam dan sosial” berbasis android pada pembelajaran ipas kelas IV MIN Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Santoso, Muhammad Dwi (2024) Pengembangan media interaktif kipas “kiblat ilmu pengetahuan alam dan sosial” berbasis android pada pembelajaran ipas kelas IV MIN Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Skripsi_Muhammad Dwi Santoso_06020720035 sudah edit.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 July 2027.

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan hasil wawancara dan observasi guru kelas IV MIN 1 Sidoarjo bahwa pemanfaatan teknologi oleh guru dalam pembelajaran masih belum maksimal dikarenakan guru tidak dapat mengembangkan perangkat yang terbilang rumit dalam proses pembuatannya. Hal ini diperlukan suatu media pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung untuk mulai menggunakan teknologi berupa gawai untuk melaksanakan program dalam aplikasi pembelajaran. Media KIPAS dikembangkan untuk meningkatkan penguasaan siswa tentang perkembangan teknologi khususnya dalam mata pelajaran IPAS.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui desain pengembangan media KIPAS berbasis android, 2) Mengetahui validitas media KIPAS berbasis android, dan 3) Mengetahui kepraktisan secara praktis media KIPAS berbasis android 4) Mengetahui efektivitas media KIPAS berbasis android.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian metode pengembangan dengan 4-D gagasan S.Thiagarajan yang terdiri dari Define (mendefinisikan), Design (merancang), Develop (mengembangkan), dan Disseminate(menyebarluaskan). Instrumen pengumpulan data terdiri dari dokumentasi, angket, dan tes untuk mengumpulkan data dalam penelitian. Berdasarkan instrumen penelitian menunjukan bahwa hasil kevalidan dari ahli media sebesar 97% dan ahli materi sebesar 84%. Hasil kepraktisan secara praktis dari peserta didik sebesar 84% dan hasil kepraktisan dari guru sebesar 98,3%. Hasil keefektifan menggunakan rumus Mann-Whitney antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar. Analisis data yang digunakan adalah analisis proses pengembangan desain media, analisis validitas media dan materi, analisis data kepraktisan untuk guru dan peserta didik, uji Mann-Whitney untuk keefektifan media.Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Penelitian mengikuti tahap pengembangan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Hasilnya adalah desain produk media aplikasi KIPAS, yang dibuat menggunakan Adobe Animate CC, Adobe Illustrator, dan Canva. 2) Validitas media aplikasi KIPAS mencapai 97% dan validitas materi 84%, keduanya dalam kategori sangat valid. Dengan rerata persentase 90,5%, media ini sangat layak digunakan oleh peserta didik. 3) Kepraktisan penggunaan media KIPAS oleh siswa kelas IV MI Negeri Sidoarjo menunjukkan 84,4% dalam kategori cukup praktis dan kepraktisan media KIPAS oleh guru kelas IV MI Negeri Sidoarjo menunjukan 98,3% dalam kategori sangat praktis. 4) Keefektifan media menunjukan adanya peningkatan hasil belajar berdasarkan uji Mann-Whitney dengan nilai Asymp. Sig. 0,02.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Santoso, Muhammad Dwiatokray999@gmail.com06020720035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsa.ac.id2002027303
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Game Online
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Pengembangan; IPAS; KIPAS
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Dwi Santoso
Date Deposited: 05 Jul 2024 03:59
Last Modified: 05 Jul 2024 03:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71096

Actions (login required)

View Item View Item