Strategi pemasaran jasa pendidikan melalui alumni di MTs NU Darul Ulum Banyuputih dan MTs Al-Yasini Kraton

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Heriyanto, Heriyanto (2024) Strategi pemasaran jasa pendidikan melalui alumni di MTs NU Darul Ulum Banyuputih dan MTs Al-Yasini Kraton. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Heriyanto_D73218043 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Heriyanto_D73218043.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi kali ini memiliki judul Strategi pemasaran Jasa Pendidikan Melalui Alumni di MTs NU Darul Ulum Banyuputih dan MTs Al-Yasini Wonorejo. Ada beberapa focus penelitian yang akan dipaparkan pada skripsi ini, hal tersebut sebagai peneilitian diantaranya, Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan, Peran Alumni, Strategi Pemasaran Melalui Alumni di MTs NU Darul Ulum Banyuputih dan MTs Al-Yasini Wonorejo. Dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini yaitu Kepala Madrasah, Guru, dan Alumni di MTs NU Darul Ulum Banyuputih dan MTs Al-Yasini Wonorejo. Peneliti menggunakan analisis dan interpretasi serta menggunakan triangulasi dalam menguji keabsaan data penelitian. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa, Kedua madrasah memiliki strategi pemasaran jasa pendidikan, dengan MTs NU Darul Ulum Banyuputih mengalami kesulitan dalam mempromosikan pentingnya pendidikan karena minimnya pemahaman masyarakat sekitar. MTs Al-Yasini Wonorejo, sebagai bagian dari pondok pesantren, bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya. Alumni memiliki peran penting dalam mendukung lembaga pendidikan sebagai duta merek, mentor, dan dukungan keuangan, serta berpartisipasi dalam kegiatan sekolah. Keterlibatan alumni membantu dalam pengembangan program, pemantauan kinerja, pelayanan masyarakat, dan membangun hubungan dengan lembaga. Strategi pemasaran melalui alumni bertujuan membangun hubungan berkelanjutan, memperkuat citra institusi, dan mendukung program-program tertentu. Kedua madrasah melibatkan alumni dalam promosi lembaga, dan respon positif alumni mengindikasikan bahwa strategi ini efektif dalam meningkatkan visibilitas, reputasi, dan pertumbuhan lembaga pendidikan, serta memperkuat ikatan dengan komunitasnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Heriyanto, Heriyantoherrysobi@gmail.comD73218043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis@uinsa.ac.id2011036701
Thesis advisorSulanam, Sulanamsulanam@uinsby.ac.id2030117901
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pemasaran
Keywords: Strategi pemasaran; jasa pendidikan; alumni
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Heriyanto Heriyanto
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:11
Last Modified: 03 Jul 2024 08:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71125

Actions (login required)

View Item View Item