شخصية نجود في الرواية "أنا نجود ابنة العاشرة ومطلقة" لدلفين مينوي عند سيغموند فرويد

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspita, Nimas Sayyidah Indah (2024) شخصية نجود في الرواية "أنا نجود ابنة العاشرة ومطلقة" لدلفين مينوي عند سيغموند فرويد. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nimas Sayyidah Indah Puspita_03040120102 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nimas Sayyidah Indah Puspita_03040120102 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Fokus permasalahan pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana isi cerita novel “Saya Nujood, Usia 10 tahun dan Janda” Karya Delphine Minoui?. 2) Bagaimanakah kepribadian id tokoh utama dalam novel “Saya Nujood, Usia 10 tahun dan Janda” Karya Delphine Minoui?. 3) Bagaimanakah kepribadian ego tokoh utama dalam novel “Saya Nujood, Usia 10 tahun dan Janda” Karya Delphine Minoui?. 4) Bagaimanakah kepribadian super ego tokoh utama dalam novel “Saya Nujood, Usia 10 tahun dan Janda” Karya dan Delphine Minoui?.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepribadian dari tokoh utama yaitu Nujood. Adapun penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan teori psikologi sastra atau teori kepribadian Sigmund Freud yang terdiri dari id, ego, dan super ego. Data ini didapat dari penelitian kepustakaan yang berhubungan atau terkait dengan teori-teori kepribadian Sigmund Freud dalam novel “Saya Nujood, Usia 10 dan janda” karya Delphine Minoui berupa kata, kalimat, dan paragraf. Temuan dari penelitian ini menunjukkan 1) isi cerita novel “Saya Nujood, Usia 10 tahun dan Janda” Karya Delphine Minoui. Tahap pertama cerita ini dimulai dari Delphine Minoui yang menceritakan awal mula kehidupan Nujood ketika ayahnya tiba-tiba memaksanya yang masih berusia sepuluh tahun untuk menikah dengan seseorang yang tidak dikenalnya dan tiga kali lebih tua darinya Dari Nujood. Tahap kedua dalam cerita ini adalah ketika Nujood menikah dengan Faez, Nujoud mendapat kekerasan dari suami dan ibu mertuanya. Nujood merasa tidak sanggup untuk melanjutkan kehidupan yang sangat mengerikan ini dan berusaha melepaskan diri dari suaminya. Pada tahap akhir novel tersebut, Nujood mampu melepaskan diri dari suaminya dengan mencoba pergi ke pengadilan untuk mencari hakim yang akan membantunya untuk lepas dari suaminya. Akhirnya Nujood berhasil bebas dari suaminya dengan bantuan hakim dan pengacaranya untuk bercerai. 2) id yang terdapat dalam kepribadian Nujood dalam novel “Saya Nujood, Usia 10 tahun dan Janda” Karya Delphine Minoui lebih mendominasi. 3) ego yang terdapat dalam kepribadian Nujood dalam novel “Saya Nujood, Usia 10 tahun dan Janda” Karya Delphine Minoui. 4) super ego yang terdapat dalam kepribadian Nujood dalam novel “Saya Nujood, Usia 10 tahun dan Janda” Karya Delphine Minoui. Berdasarkan hasil dari pengolahan data dan analisis data penelitian yang diperoleh 10 data. Dari 10 data ini terdapat 60% id dan 40% superego. Dapat disimpulkan bahwa struktur kepribadian yang mendominasi tokoh Nujood ini adalah id yang menyebabkan perilakunya lebih mengutamakan kesenangan dan kenikmatan tanpa memandang norma-norma yang ada. Jadi, kepribadian dari tokoh Nujood ini termasuk orang yang pemberani, tidak peduli dengan aturan yang ada, dan melakukan sesuatu tanpa memikirkan orang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspita, Nimas Sayyidah IndahNimassayyidah@gmail.com03040120102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, Himmatulhimmatulkhoiroh@uinsby.ac.id2022127601
Thesis advisorAlindah, Lutfiyaha_lindah@yahoo.com2020078603
Subjects: Kepribadian
Psikologi
Sastra
Keywords: Psikologi Sastra; Kepribadian; Novel "Saya Nujood; Usian 10; dan Janda" Karya Delphine Minoui
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Nimas Sayyidah Indah Puspita
Date Deposited: 03 Jul 2024 03:34
Last Modified: 03 Jul 2024 03:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71153

Actions (login required)

View Item View Item